Tidak ada tim yang sempurna. Barcelona tidak terkecuali. Kami perlu mengambil dan memanfaatkan setiap kesempatan.
London (ANTARA News) - Berlaku sebagai underdog atau tim yang tidak dijagokan, inilah predikat anyar yang disematkan kepada Arsenal manakala melawan Barcelona yang dikenal seantero sebagai tim nomor wahid di kolong langit sekarang ini.

The Gunners ingin mencuri api kemenangan dari gunung kemegahan dan kemewahan yang dibangun secara semesta oleh kubu Catalan.

Ya, Arsenal siap menjamu dan memberi perlawanan kepada Barcelona dalam laga pertama babak 16 besar Liga Champions yang digelar di Emirates Stadium, London, pada Selasa waktu setempat, atau Rabu dini hari, pukul 02.45 WIB. Duel di jagat bola sedunia itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Sang Profesor - julukan bagi pelatih Arsenal Arsene Wenger - belum-belum sudah memasang kuda-kuda dengan memberi komando kepada anak buahnya agar merapatkan lini pertahanan karena tim tamu mengandalkan trio serang Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar (MSN).

Dikenal sebagai momok bagi tim lawan, trio MSN mengoleksi 58 gol atau 87 persen dari 67 gol yang sudah dibukukan Barca bagi 25 laga di Liga Spanyol (La Liga) musim kompetisi 2015/16.

Wenger ingin memaknai "kesempatan demi kesempatan" berbuah manis sebagai kemenangan di hadapan publik Emirates. Bukankah kesempatan merupakan anak kandung dari perjalanan waktu milik laga kehidupan?

Sebagai juara Liga Champions musim lalu, Barcelona membawa gada untuk menaklukkan kedigdayaan salah satu tim raksasa Liga Inggris (Premier League), Arsenal. Seluruh dunia bersatu padu dalam kemeriahan karena telah meluapkan asa purba bernama perseteruan.

Ya, Arsenal versus Barcelona. Tim yang unggul, tim yang kuat, mutlak diberi dan diganjar sebagai kemenangan. Inilah hukum besi dari setiap laga. Dan skuat Catalan mampu meredam taktik njlimet ramuan sang Profesor dengan skor 2-1 di ajang final Liga Champions 2006 di Paris.

Hanya saja, publik global perlu menebar karpet merah bagi Lionel Messi, meski logisnya, Barcelona bukan hanya La Pulga. De facto, pemain timnas Argentina ini menghantar Barca meraih kemenangan 4-1 dari the Gunners di kuarter-final Liga Champions 2010.

Agar kekalahan itu tidak terulang, maka secara gamblang Arsenal perlu merevolusi diri dengan memainkan skema yang intinya meredam kebringasan serangan skuat Catalan agar tidak membuahkan gol.

Bek tengah Arsenal, per Mertesacker mendorong rekan-rekannya dalam tim agar membuat lebih kokoh benteng pertahanan agar tidak mudah digempur seteru.

"Secara keseluruhan kami kalah dalam beberapa hal, untuk kami harus mampu menutup kekurangan itu dengan cepat dalam tiga hari persiapan menghadapi mereka," kata pemain asal Jerman itu.

Sementara itu, Barca di bawah asuhan pelatih Luis Enrique menonjolkan trio MSN, dengan hanya mengistirahatkan Gerard Pique, sedangkan Sergio Busquets siap tempur di London utara setelah menjalani suspensi.

Komentar dua manajer:

* Arsene Wenger (Arsenal):

"Tidak ada tim yang sempurna. Barcelona tidak terkecuali. Kami perlu mengambil dan memanfaatkan setiap kesempatan. Kami sedikit kehilangan bola ketika melawan Hull. Untuk itu kami harus segera memperbaikinya menghadapi pertandingan melawan mereka."

"Mereka punya penyerang-penyerang hebat. Mungkin mereka sedikit mengurangi oenguasaan bola karena mereka memainkan Xavi sebagai gelandang. Mereka dikenal sebagai tim yang mampu mencetak gol setiap saat."

"Meskipun mereka (Barcelona) tidak mendominasi permainan, mereka tetap masih sangat berbahaya. Ini mereka tunjukkan di laga final tahun lalu ketika melawan Juventus yang berakhir imbang 1-1. Mereka tertekan hanya saja mereka mampu memanfaatkan peluang."

* Luis Enrique (Barcelona):
"Di atas kertas, pertandingan ini bakal berlangsung sangat menarik jika anda memang suka dengan sepak bola. Arsenal dikenal sebagai tim yang mampu tampil baik, kuat dalam transisi dan dihuni oleh pemain depan yang handal."

"Mereka juga mampu menekan lawan terus menerus. Meskipun saya berharan kami mampu menguasai permainan dengan penguasaan bola. Kami berharap dapat menuai hasil positif dengan skema ini."

Prakiraan susunan pemain:

* Arsenal (4-2-3-1):

Cech (penjaga gawang), Monreal, Koscielny, Mertesacker, Bellerin, Sanchez, Ramsey, Coquelin, Oezil, Chamberlain, Giroud
Pemain cadangan:
Ospina, Chambers, Gibbs, Flamini, Walcott, Campbell, Welbeck

* Barcelona (4-3-3):
Ter Stegen (penjaga gawang), Alba, Pique, Mascherano, Alves, Iniesta, Busquets, Rakitic, Neymar, Suarez, Messi
Pemain cadangan:
Bravo, Mathieu, Bartra, Roberto, Vidal, Munir, Sandro

Data dan fakta (Opta Facts):
* Arsenal yang finis di tempat kedua di Grup F di samping Bayern Muenchen. Mereka gagal di babak 16 besar selama lima musim.
* Barcelona finis di perringkat atas Grup F di atas AS Roma. Mereka mampu melaju ke babak knockout di Liga Champions sebanyak 12 kali berturut-turut. Mereka mencapai semi-final dalam tujuh dari delapan kesempatan. Mereka hanya gagal di musim kompetisi 2013/14, ketika kalah di babak kuarter-final melawan Atletico Madrid.
* Barcelona meraih empat kali juara di Liga Champions dari 10 musim terakhir. Tidak ada tim yang mampu menyamai prestasi ini dalam periode yang sama.      
* Laga Arsenal kontra Barcelona telah berlangsung tujuh kali di ajang Liga Champions dengan menghasilkan 27 gol, jumlah rata-rata 3,86 gol per laga.
* Arsenal kalah dalam babak 16 besar di tiga musim terakhir.
* Barcelona meraih 15 kali menang dari 19 laga Liga Champions sejak musim lalu (dua imbang, dua kalah). Mereka juga tidak pernah gagal mencetak gol dalam 19 laga.    
   
Lima laga terakhir:
(W: menang; L:kalah; D:imbang)  

* Arsenal: D W W D W

20/2/16 Arsenal 0 - 0 Hull City
14/2/16 Arsenal 2 - 1 Leicester City
7/2/16 Bournemouth 0 - 2 Arsenal
2/2/16 Arsenal 0 - 0 Southampton
30/1/16 Arsenal 2 - 1 Burnley

* Barcelona: W W W D W
20/2/16 Las Palmas 1 - 2 Barcelona
17/2/16 Sporting de Gijón 1 - 3 Barcelona
14/2/16 Barcelona 6 - 1 Celta de Vigo
10/2/16 Valencia 1 - 1 Barcelona
7/2/16 Levante 0 - 2 Barcelona

Head to Head: 
8/3/11 Barcelona 3 - 1 Arsenal
16/2/11 Arsenal 2 - 1 Barcelona
6/4/10 Barcelona 4 - 1 Arsenal
31/3/10 Arsenal 2 - 2 Barcelona
17/5/06 Barcelona 2 - 1 Arsenal

Prediksi hasil laga (Goal.com):
 * Arsenal 1 - 3 Barcelona (16 persen)
* Arsenal 0 - 0 Barcelona (11 persen)
* Arsenal 0 - 4 Barcelona (8 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Arsenal: 1
* Barcelona: 3.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016