Jika kacamata itu menjadi yang terbesar di Indonesia dan bahkan dunia maka bisa memecah rekor, maka kami akan koordinasikan dengan pihak MURI."
Koba (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung akan membuat kacamata gerhana matahari terbesar di Indonesia.

"Panitia Besar Festival GMT Bangka Tengah akan membuat kacamata gerhana terbesar di Indonesia guna melengkapi 10 unit teleskop dan 5.500 unit kacamata yang telah dipersiapkan untuk menyaksikan fenomena alam yang sangat langka ini," kata Kepala Disbudparpora Bangka Tengah, Zaidi di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, mengatakan kacamata gerhana terbesar yang akan dibuat itu memiliki ukuran panjang sembilan meter dan tinggi tiga meter.

"Menurut konsultan astronomi yang bekerjasama dengan pihak kami, kacamatan ini akan menjadi yang terbesar dan terpanjang di Indonesia atau bahkan di dunia," ujarnya.

Ia mengatakan, kacamata tersebut akan dipasang di lokasi titik pantau yang telah dipersiapkan yakni di Pantai Desa Terentang III Kecamatan Koba.

"Jika kacamata itu menjadi yang terbesar di Indonesia dan bahkan dunia maka bisa memecah rekor, maka kami akan koordinasikan dengan pihak MURI," ujarnya.

Gerhana matahari total di Bangka Tengah mengambil titik pantau di sepanjang Pantai Desa Terentang dengan panjang sekitar 4,5 kilometer.

Gerhana matahari total tersebut diprediksi akan terjadi pada 9 Maret 2016 dan diperkirakan merupakan GMT terlama.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016