Milan, Italia (ANTARA News) - AC Milan berhasil memastikan tempat pertama ke partai pamungkas Piala Italia seusai menggulung Alessandria 5-0 pada semifinal kedua di Stadion San Siro, Rabu pagi WIB.

Dengan kemenangan tersebut, tim besutan Sinisa Mihajlovic itu memiliki kemenangan agreagat 6-0 atas tim kasta ketiga sepak bola Italia tersebut.

Milan akan menunggu lawan mereka, yakni pemenang dari laga semifinal lainnya Inter Milan melawan juara bertahan Juventus, yang pada pertemuan pertama Juventus masih unggul agregat 3-0.

Penyerang yang belum lama ini kembali dari cedera, Jeremy Menez, menjadi pahlawan kemenangan Milan dengan menyumbangkan dua gol, termasuk gol pembuka pada menit 20.

Gol pembuka tersebut tercipta berkat kelihaian Menez melakukan sentuhan pertama atas bola kiriman Keisuke Honda yang diselesaikan dengan tendangan mendatar melewati penjaga gawang Gianmarco Vannucchi.

Empat menit berselang, lewat sebuah situasi sepak pojok pemain bertahan Milan Alessio Romagnoli berhasil menanduk bola sundulan Juraj Kucka untuk menggandakan keunggulan Milan menjadi 2-0.

Tayangan ulang memperlihatkan Romagnoli berada dalam posisi offside, namun hakim garis mengabaikan dan tak mengangkat benderanya, sehingga bek berusia 21 tahun itu menorehkan gol perdananya bersama Milan.

Menez memperbesar keunggulan Milan menjadi 3-0 hanya enam menit menjelang turun minum, lewat tendangan bebas. Bola tendangan bebas yang dieksekusi Honda dikirimkan ke dalam kotak penalti dan disambut sundulan Andrea Poli, namun bola tidak ditanduk langsung ke gawang melainkan diumpan ke Menez yang dengan tenang menyambut dengan sontekan.

Gol keempat Milan harus menunggu hingga 10 menit menjelang waktu normal usai, dan diperoleh melalui gol bunuh diri pemain Alessandria, Roberto Sabato, yang berdiri di tiang jauh berusaha menghalau bola umpan silang kiriman Cristian Zapata namun bola justru membentur mistar gawang sebelum meluncur ke dalam gawang timnya sendiri.

Penyerang pinjaman dari Liverpool, Mario Balotelli, menjadi pencetak gol pamungkas Milan dalam semifinal kedua tersebut, yang bergerak menghindari jebakan offside barisan pertahanan Alessandria untuk menyambut umpan kiriman Jose Mauri dan mengarahkan bola di antara selangkangan Vannucchi.

Berikut susunan pemain kedua tim dalam laga tersebut seturut laman Football Italia.

AC Milan: Christian Abbiati (PG); Mattia De Sciglio, Cristian Zapata, Alessio Romagnoli, Luca Antonelli; Andrea Poli, Giacomo Bonaventura (Kevin-Prince Boateng), Keisuke Honda, Juraj Kucka (Jose Mauri); Mario Balotelli, Jeremy Menez (Carlos Bacca)
Pelatih: Sinisa Mihajlovic

Alessandria: Gianmarco Vannucchi (PG), Vedran Celjak, Alex Sirri, Roberto Sabato, Santiago Morero, Manue Marras, Massimo Loviso (Adriano Mezavilla), Simone Branca (Riccardo Bocalon), Gianluca Nicco, Simone Iocolano (Michele Marconi), Manuel Fischnaller
Pelatih: Angelo Gregucci

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016