Presiden Jokowi dengan tegas memerintahkan elemen-elemen bangsa bersatu padu memberantas peredaran gelap narkoba, dan itu kami apresiasi,"
Padang (ANTARA News) - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) HM Amien Rais mengapresiasi Presiden Jokowi dalam menyikapi maraknya peredaran gelap narkoba.

"Presiden Jokowi dengan tegas memerintahkan elemen-elemen bangsa bersatu padu memberantas peredaran gelap narkoba, dan itu kami apresiasi," katanya di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), dalam Muswil IV PAN Sumbar, Kamis.

Ia mengatakan bukan tidak mungkin apabila permasalahan penyalahgunaan narkoba terus berlanjut akan merusak satu generasi dan tentu merugikan Bangsa Indonesia.

"Dari informasi yang saya dapatkan terdapat satu negara yang dilemahkan dengan candu setelah itu mereka diserang dan kalah. Tidak menutup kemungkinan itu terjadi di Indonesia apabila permasalahan narkoba tidak segera diatasi," katanya.

Dia mengatakan penyalahgunaan narkoba tidak hanya melanggar hukum positif namun juga hukum agama dan adat.

"Untuk itu mari kita sama-sama menyatakan perang dengan menolak keberadaan narkoba dilingkungan sekitar," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut penyalahgunaan narkoba sebagai masalah besar yang dihadapi Indonesia dan menempati rangking pertama.

Ia mengatakan, perlu pembahasan serius mengenai pemberantasan narkoba dan rehabilitasi korban narkoba.

"Saya ingin ada langkah pemberantasan narkoba yang lebih gencar lagi, yang lebih berani lagi, yang lebih gila lagi, yang lebih komprehensif lagi dan dilakukan secara terpadu," katanya.

Seluruh kementerian/lembaga terkait kemudian diminta untuk turut terlibat dalam upaya pemberantasan narkoba mulai dari BNN, Polri, TNI, Kemenkumham, Ditjen Bea Cukai, Kemendikbud, Kemenkes dan Kemensos.

Pewarta: MR Denya Utama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016