Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan sebagian wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan diguyur hujan pada Jumat.

Situs resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Jumat, menyebutkan hujan akan turun di beberapa wilayah Jabodetabek sejak pagi hingga malam hari.

Pada pagi hari, wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Bekasi kemungkinan akan mengalami hujan dengan intensitas ringan. Sementara, wilayah Tangerang diprakirakan mengalami hujan sedang.

Kemudian, hampir keseluruhan wilayah Jabodetabek juga diprakirakan diguyur hujan pada siang hari.

Wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat mengalami hujan ringan, sedangkan Jakarta Timur, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bogor kemungkinan diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Hujan cenderung mereda pada malam harinya. Wilayah Jakarta Timur, Depok, Bekasi, dan Bogor diprakirakan mengalami hujan intensitas ringan. Sedangkan wilayah lainnya kemungkinan mengalami kondisi cuaca dengan langit berawan.

Suhu di Jakarta berkisar antara 25 hingga 32 derajat celcius, dengan kelembapan mulai 70 persen hingga 98 persen.

Sebelumnya, Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG Kukuh Ribudiyanto juga menyebutkan hujan di DKI Jakarta pada Maret cenderung menurun.

Meskipun curah hujan cenderung menurun, beberapa wilayah di Jabodetabek kemungkinan masih akan diguyur hujan cukup lebat pada awal bulan.

Kemudian, Kukuh mengatakan pada April mendatang akan terjadi transisi dari musim hujan ke musim kemarau, dan Mei mulai memasuki musim kemarau.

Hujan yang mengguyur wilayah Jabodetabek dipengaruhi siklon tropis di selatan Pulau Jawa.

"Hujan cenderung ke wilayah utara dan barat melihat adanya bibit sikon tropis di selatan Jawa," kata dia.

Pewarta: Calvin Basuki
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016