Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA News) - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika BMKG menyatakan proses Gerhana Matahari Total (GMT) di Lapangan Dolo Sigi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah berlangsung lebih dari dua menit.

"Hasil penghitungan proses Gerhana Matahari hingga sempurna dua menit dua puluh detik," sebut Kepala BMKG Andi Eka Sakya di Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Sigi, Rabu.

Menurut dia dengan kecanggihan teknologi saat ini semua bisa dihitung dan diprediksi berapa lama durasi dan kapan waktu terjadi fenomena alam.

"Sistem fiber optik yang digunakan saat ini sangat cepat dan dipastikan gambar akan terkirim dengan sempurna dan bisa dilihat fonomena ini di lokasi berbeda-beda salah satunya di Sigi," ungkapnya.

Ia bersyukur cuaca cukup cerah sehingga gerhana matahari bisa disaksikan secara utuh.

Wakil Presiden HM Jusuf Kalla bersama rombongan menyaksikan secara langsung proses GMT di Lapangan Dolo Sigi, Kabupaten Sigi.

"Fenomena Gerhana Matahari berlangsung selama dua menit dua puluh detik. Bayangkan itu. Tapi sudah lama itu diprediksi fenomena ini akan terjadi," kata JK.



Pewarta: Darwin Fatir
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016