GMT terpantau paling sempurna di Ternate

GMT terpantau paling sempurna di Ternate

GMT Ternate, Seorang warga memotret fenomena gerhana matahari total (GMT) menggunakan kamera ponsel, di Ternate, Maluku Utara, Rabu (9/3). Fenomena gerhana matahari dapat dilihat di sejumlah daerah di Indonesia. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

Ternate, Maluku Utara (ANTARA News) - Perusahaan Panasonic menyatakan pantauan Gerhana Matahari Total (GMT) di Kota Ternate adalah yang paling sempurna jikan dibandingkan dengan daerah lain di Tanah Air.

"Pantauan paling sempurna kami dapatkan di Ternate karena didukung cuaca yang sangat cerah," kata General Manager Panasonic Corporation Hisao Tjugita usai acara Pantau Bersama GMT di Ternate, Rabu.

Pemantauan dimulai pukul 8.36-11.20 WIT hingga GMT terjadi pukul 9.5,41-9.54,18 WIT.

Gambar didapatkan sempurna berkat dukungan peralatan seperti 12 unit modul tenaga matahari Panasonic HIT dengan efisiensi konversi tinggi yang menghasilkan 3 KW listrik, dengan cara menyerap energi yang dapat mengabadikan momen itu.

Siaran secara langsung momentum GMT dapat disaksikan masyarakat melalui beberapa platform digital media seperti Youtube live dan Periscope.

"Ini merupakan siaran ketiga fenomena GMT dari Panasonic secara langsung," kata Hisao.

Menurut dia, siaran itu berbeda dengan proses penyiaran sebelumnya di mana tenaga didekasikan khusus untuk memasang modul tenaga cahaya matahari di lokasi memberikan kenyamanan yang lebih besar, mengingat fasilitas supply container dapat dipindahkan dengan mudah dan dipasang secara tepat dan sederhana dengan jumlah pekerjaan konstruksi yang minimal.

Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman pun mengapresiasi manajemen Panasonic yang memanfaatkan momentum GMT di Ternate untuk disebarkan ke seluruh dunia.

Ia mengatakan 2.600 wisatawan mancanegara berada di Ternate untuk menyaksikan GMT di berbagai titik pemantauan yang disediakan.

"Putri Thailand Maha Chakri Sirindhom yang menikmati fenomena GMT di Pendopo Keraton Kesultanan Ternate bersama petinggi dan pewaris Kesultanan Ternate," kata Burhan.


Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016

UMSU pecahkan dua rekor terkait gerhana matahari cincin

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar