Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian optimistis kompetisi desain furnitur mampu memacu inovasi yang menghasilkan produk yang mampu berdaya saing global.

Demikian disampaikan Menteri Perindustrian Saleh Husin saat membuka Pameran International Furniture & Craft Fair Indonesia (IFFINA 2016) di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis.

“Guna meningkatkan inovasi desain produk furnitur, Kemenperin setiap tahun memfasilitasi pelaksanaan kompetisi desain furnitur tingkat nasional,” kata Saleh melalui siaran pers.

Saleh mengatakan, para pemenang ajang kompetisi diberi apresiasi yaitu kesempatan kunjungan ke pameran furnitur ke luar negeri sehingga dapat meningkatkan wawasan mereka terhadap perkembangan desain furnitur dunia.

Kemenperin juga menilai, kompetisi turut menumbuhkan kesadaran inovasi, karya kreatif furnitur baru dengan inspirasi budaya lokal yang mampu menyesuaikan selera pasar sebagaiupaya peningkatan daya saing industri furnitur dan kerajinan nasional.

Pemerintah terus mendorong jumlah desainer furnitur dengan ikut membantu dan memfasilitasi pembangunan pusatdesain furnitur. Saleh mengungkapkan, pihaknya secara berkelanjutan melakukan promosi untuk mempopulerkan furnitur di tingkat nasional maupun internasional, dengan memfasilitasi dunia industri untuk mengikuti pameran furnitur internasional secara rutin.

Pameran tersebut antara lain Trade Expo Indonesia (TEI), The International Furniture Show, IMM di Koln, Jerman untuk produk furnitur interior dan “China International Furniture Expo” di Shanghai, Tiongkok untuk produk outdoor dan interior. IFFINA ini sendiri merupakan pameran furnitur tingkat internasional di dalam negeri yang digelar Asosiasi Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo).

Ketua Asmindo M Taufik Gani mengakui, bisnis furnitur dunia terus berbenah diri dengan mencipta dan mengembangkandesain-desain baru.

“Ini untuk menghadapi tantangan yang makin keras dan tuntutan konsumen dunia yang tentu sajamenginginkan produk terbaik, kualitas baik dan harga bersaing,” ulasnya.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016