London (ANTARA News) - Newcastle United memberikan kepercayaan mereka kepada Rafael Benitez pada Jumat, berharap pelatih asal Spanyol itu akan mampu mempertahankan mereka di Liga Utama Inggris setelah The Magpies hanya mengukir enam kemenangan dari 28 pertandingan di bawah asuhan Steve McClaren yang telah dipecat.

McClaren, yang menjadi pelatih kepala klub itu untuk sembilan bulan terakhir, dipecat hanya beberapa jam sebelum klub mengumumkan Benitez menjadi pelatih baru mereka dengan kontrak awal berdurasi tiga tahun.

Laporan-laporan media juga mengatakan terdapat klausa opt-out jika Newcastle terdegradasi musim ini.

Mantan pelatih Liverpool dan Real Madrid, Benitez (55), hanya memiliki sepuluh pertandingan untuk menyelamatkan Newcastle, di mana pada pertandingan pertamanya ia akan menghadapi pemuncak klasemen liga Leicester City pada Senin.

"Ini akan menjadi tantangan bukan hanya untuk saya dan staf saya, namun untuk para pemain, klub, dan para penggemar," kata Benitez mengenai tugas yang ada di depannya.

Newcastle berada di peringkat ke-19 di liga yang berisi 20 tim, dengan hanya mengoleksi enam kemenangan liga di bawah McClaren, yang nasibnya telah terkunci ketika Newcastle takluk 1-3 dari Bournemouth pada akhir pekan silam.

Benitez tidak memiliki tim sejak ia meninggalkan Real pada Januari, dan Newcastle akan menjadi klub Inggris ketiga yang mempekerjakannya menyusul enam tahun di Liverpol antara 2004 sampai 2010.

Pencapaian terhebatnya dengan klub Inggris itu adalah memimpin Liverpool untuk menjuarai Liga Champions pada 2005, dengan kemenangan adu penalti atas AC Milan setelah mereka tertinggal 0-3 di babak pertama.

Benitez juga sempat menjadi pelatih sementara Chelsea pada musim 2012/2013, membawa mereka memenangi final Liga Europa atas Benfica sebelum ia meninggalkan klub tersebut.

Pria asal Spanyol itu sudah tentu paham bagaimana cara mendapatkan hasil-hasil bagus, namun gaya permainan yang diusungnya, dengan menonjolkan pertahanan, tidak begitu populer di kalangan para penggemar.

Ia suka menggunakan formasi 4-2-3-1 yang telah membawanya meraih kesuksesan baik di kancah domestik dan di Eropa.

Newcastle mengatakan Benitez akan membawa para asisten pelatih yakni Fabio Pecchia, Francisco de Míguel Moreno, dan Antonio Gomez Perez.

"Kita semua harus mendorong bersama-sama ke arah yang sama dan dengan target yang sama di dalam benak," kata Benitez kepada situs resmi klub (www.nufc.co.uk), yang ditujukan kepada parapenggemar "The Toon Army."

"Secara pribadi, ini berarti kembalinya saya ke Liga Utama Inggris, semakin dekat dengan rumah dan keluarga saya. Saya tidak bisa lebih gembira lagi," tambah pria Spanyol yang mempertahankan rumahnya di Inggris barat laut setelah meninggalkan Liverpool.

Benitez akan bereuni di Newcastle dengan Jonjo Shelvey, yang ia datangkan untuk Liverpool dari Charlton Athletic sebelum ia meninggalkan klub itu pada Juni 2010.

Shelvey menghabiskan tiga tahun di Liverpool dan dua tahun di Swansea City, sebelum pindah ke Newcastle enam pekan silam, untuk kemudian diangkat sebagai kapten oleh McClaren pada bulan lalu.

Pada wawancara dengan Sky Sports sebelum Benitez ditunjuk, Shelvey berbicara jujur mengenai keadaan buruk Newcastle.

"Kami perlu membuktikan kepada para penggemar bahwa kami tidak akan bersembunyi, namun menurut saya para pemain telah mengecewakan klub. Menurut saya bukan manajer yang melakukannya (mengecewakan klub), menurut saya para pemain."

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016