Leicestershire (ANTARA News) - Tugas Rafael Benitez tidak ringan. Pelatih sarat pengalaman ini didaulat menyelamatkan posisi Newcastle United agar tidak terlempar ke jurang degradasi selama mengarungi Liga Inggris (Premier League) musim kompetisi 2015/16.

Rafa, panggilan akrab Rafael Benitez, menghadapi ujian perdana dengan menantang Leicester City dalam laga pekan ke-30 Liga Inggris yang digelar di King Power Stadium, Leicester, Leicestershire, pada Senin waktu setempat, atau Selasa dini hari, pukul 03.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh beIN Sport 1.

Setelah ditunjuk menggantikan Steve McLaren sebagai manajer, jelas bahwa Benitez siap berjuang bersama dengan para pemain meraih kemenangan. Terdengar nada sumbang bahwa manajer sebelumnya kurang mampu menciptakan atmosfer menggembirakan di ruang ganti pemain.

Benitez bukan tanpa modal. Ia punya segudang pengalaman melatih di sejumlah klub mentereng, yakni Valencia, Liverpool, Inter Milan, Chelsea, Napoli dan Real Madrid. Dengan kepercayaan diri penuh, ia tergolong manajer yang berambisi meraih trofi.

Sementara di kubu The Foxes, julukan bagi Leicester, bersiap menorehkan tintas emas sejarah dengan keluar sebagai juara Liga Inggris, dengan melibas dominasi Chelsea, Manchester City, Manchester United, dan Arsenal.

Ranieri siap menurunkan susunan pemain terkuat melawan Newcastle sebagai upaya mengokohkan posisi puncak klasemen. Leicester tidak diusik dengan badai cedera pemain, dan  warta teranyar menyebutkan bahwa Riyad Mahrez siap berlaga di King Power Stadium.

The Magpies, julukan bagi Newcastle, menaruh asa kepada kapten Fabricio Coloccini dan Chancel Mbemba di lini pertahanan. Hanya saja tim ini punya rapor merah ketika melakoni laga tandang.

Newcastle menelan enam kekalahan terakhir dalam laga tandang di ajang kompetisi Liga Inggris. Sedangkan Leicester telah mencatatkan clean sheet dalam tiga laga kandang terakhir melawan Newcastle di seluruh kompetisi.

Kiprah Mahrez demikian dominan bagi Leicester. Ini perlu diwaspadai oleh pasukan asuhan pelatih Benitez. Pemain sayap asal Algeria itu sebelumnya mengalami cedera hamstring ketika timnya menang melawan Watford pada pekan lalu.

Komentar manajer:


 
*  Claudio Ranieri (Leicester City):

"Liga tahun ini berjalan dengan gila. Kami perlu terus berjuang sampai akhir, karena liga berjalan demikian gila dan segala sesuatunya dapat saja terjadi. Saya nyatakan masih ada lima laga ke depan (sebelum musim berakhir). Setelah itu, saya baru nyatakan apa yang akan kami lakukan."

"Sekarang saya fokus kepada laga melawan Newcastle. Penting bagi kami meraih tiga poin."



* Rafael Benitez (Newcastle United):
"Kami perlu memberi kepercayaan diri kepada para pemain, menghimpun kekuatan tim agar mampu mewujudkan cita-cita, dan saya beranggapan bahwa kami mampu melakukan dan mewujudkannya."

"Saya berasal dari akademi. Saya pelatih di akademi Real Madrid di divisi pertama, divisi kedua, dan banyak klub-klub promosi lainnya. Saya punya segudang pengalaman karena usia saya sudah tua."

Prakiraan susunan pemain:

* Leicester (4-4-2):

Schmeichel (penjaga gawang), Fusch, Huth, Morgan, Simpson, Albrighton, Kante, Drinkwater, Mahrez, Okazaki, Vardy

* Newcastle (4-2-3-1):
Elliot (penjaga gawang), Jamaat, Lascelles, Taylor, Dummett, Colback, Shelvey, Sissoko, Wijnaldum, Perez, Mitrovic

Data dan fakta:
* The Foxes meraih dua kemenangan melawan Newcastle Unitedi di laga Liga Inggris setelah tidak meraih kemenangan di tujuh laga (tiga imbang, empat kalah).
* Leicester hanya meraih sekali kekalahan dari 17 laga yang digelar di King Power Stadium (11 menang, lima imbang, sekali kalah).
* Tim asuhan pelaltih Claudio Ranieri ini menorehkan lima clean sheet dari enam laga kandang di ajang Liga Inggris, kebobolan dua gol dalam laga terakhir mereka (skor 2-2 melawan WBA).
* Newcastle United menderita 17 kekalahan dari 21 laga tandang di ajang Liga Inggris.
* The Magpies menyarangkan delapan gol dari 20 laga tandang di ajang Liga Inggris.     
* Newcastle gagal mencetak gol dalam 12 laga Inggris di musim ini, berada di bawah Watford dan Aston Villa.
* Leicester mampu menyarangkan gol dalam 26 laga Liga Inggris di musim ini. Capaian ini menggungguli tim-tim lainnya.

Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Leicester City: W D W L W

5/3/16 Watford 0 - 1 Leicester City
1/3/16 Leicester City 2 - 2 West Bromwich Albion
27/2/16 Leicester City 1 - 0 Norwich City
14/2/16 Arsenal 2 - 1 Leicester City
6/2/16 Manchester City 1 - 3 Leicester City

* Newcastle United: L L W L W
5/3/16 Newcastle United 1 - 3 Bournemouth
2/3/16 Stoke City 1 - 0 Newcastle United
20/2/16 Lillestrøm 1 - 2 Newcastle United
13/2/16 Chelsea 5 - 1 Newcastle United
6/2/16 Newcastle United 1 - 0 West Bromwich Albion

Head to Head:
21/11/15 Newcastle United 0 - 3 Leicester City
2/5/15 Leicester City 3 - 0 Newcastle United
3/1/15 Leicester City 1 - 0 Newcastle United
18/10/14 Newcastle United 1 - 0 Leicester City
30/1/10 Leicester City 0 - 0 Newcastle United

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Leicester City 2 - 0 Newcastle United (18 persen)
* Leicester City 2 - 1 Newcastle United (11 persen)
* Leicester City 0 - 0 Newcastle United (9 persen)

Prediksi jalannya laga:
* Leicester bakal tampil ngotot meraih poin penuh ketika melawan Newcastle untuk mempertahankan posisi pertama di klasemen Liga Inggris musim 2015/16.
* Apakah Benitez mampu menggangkat moral bertanding punggawa Newcastle dalam waktu singkat setelah Stece McClaren dipecat pada pekan lalu.
* Catatan produktivitas gol skuat Newcastle juga memprihatinkan  jika tidak ingin disebut mandul karena para pemainnya kurang mampu tampil lepas.
* Newcastle hanya mampu menjaringkan tujuh gol di laga tandang selama musim ini.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Leicester: 3
* Newcastle: 0  


Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016