Bandung (ANTARA News) - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menerima kunjungan Puteri Astrid dari Belgia serta memberikan pemaparan tentang kemajuan yang diraih Kota Bandung dalam beberapa tahun terakhir.

Partemuan yang berlangsung di Balai Kota Bandung itu, Ridwan Kamil memaparkan sejumlah program yang telah, sedang dan yang akan digulirkan di kota itu.

"Kami sudah melakukan reformasi birokrasi di Kota Bandung, hasilnya sudah bisa dirasakan sehingga kami mendapat penghargaan terbaik dalam tata kelola birokrasi," kata Ridwan Kamil.

Kunjungan Puteri Astrid beserta rombongan di Kantor Balai Kota Bandung itu berlangsung sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Selain memaparkan kinerja yang telah diraihnya selama memimpin Kota Bandung, Emil juga menyebutkan Kota Bandung tengah berusaha menuju kota cerdas berbasis digital.

"Kami sedang menuju ke sana (Smart City), semuanya dikembangkan berbasis digital dan online," katanya.

Emil juga memaparkan kondisi dan potensi Bandung sebagai Kota Jasa. Ia mendorong ekonomi kreatif menjadi andalan.

"Kita enggak memiliki sumber daya alam, tapi memiliki potensi sumber daya manusia yang cukup besar. Kami kembangkan ekonomi kreatif," katanya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatangnan "letter of intent" (LOI) antara Kota Bandung dengan Kota Namun di Belgia.

Selanjutnya, Puteri Astrid dan rombongan meninjau Bandung Command Center (BCC) di ruangan Wali Kota Bandung. Dari ruangan itu semua aktivitas pemerintahan, jalan serta data Kota Bandung bisa diperoleh sekaligus melakukan koordinasi sekaligus menetapkan kebijakan dan keputusan strategis.

Seusai melakukan kunjungan ke Balai Kota Bandung, rombongan tamu dari Belgia itu melakukan pertemuuan dengan Gubernur Jawa Barat di Gedung Sate Kota Bandung.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016