Roma (ANTARA News) - Wakil Ceko, Sparta Praha, untuk sementara unggul 3-0 atas tuan rumah Lazio hingga babak pertama usai dalam laga kedua putaran 16 besar Liga Europa di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Jumat dini hari WIB.

Keunggulan tersebut berkat gol-gol yang dicetak Borek Dockal, Ladislav Krejci dan Lukas Julis.

Apabila kedudukan bertahan hingga pertandingan rampung, maka Sparta berhak melaju ke perempat final dengan kemenangan agregat 4-1.

Tim besutan Zdenek Scasny membuka keunggulan setelah laga baru berjalan 10 menit saat umpan silang Ondrej Zahustel tak mampu dihalau Milan Bisevac diteruskan oleh Krejci kepada Dockal yang berdiri tanpa kawalan dan menyelesaikan dengan tendangan keras menaklukkan penjaga gawang Federico Marchetti.

Dua menit berselang, tim tamu menggandakan keunggulan memanfaatkan keteledoran pemain Lazio kehilangan bola di area sendiri, Julis sukses mengejarnya untuk melepaskan umpan kepada Krejci yang menyelesaikan dengan tendangan penempatan ke sudut tiang jauh. Lazio nol, Sparta dua.

Pada menit 26 Lazio hampir memperkecil ketertinggalan, sayangnya bola umpan tarik Antonio Candreva yang disambut Stefano Mauri masih bisa diselamatkan oleh penjaga gawang David Bicik.

Sparta hampir saja lebih cepat memperbesar keunggulan pada menit 34, namun tendangan Dockal berhasil dengan kedua tangan Marchetti.

Tim tamu akhirnya menjauh dari kejaran Lazio lewat gol Luhis pada menit 44, yang melepaskan tendangan voli untuk menyambut umpan silang Martin Frydek.

Lazio punya tugas mahasulit untuk membalikkan keadaan dengan mencetak sekurang-kurangnya empat gol apabila ingin melaju ke babak perempat final.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Lazio (4-2-3-1): Federico Marchetti (PG); Abdoulay Konko, Milan Bisevac, Wesley Hoedt, Senad Lulic; Lucas Biglia, Marco Parolo; Antonio Candreva, Stefano Mauri, Keita; Miroslav Klose
Pelatih: Stefano Pioli

Sparta Praha (4-2-3-1): David Bicik (PG); Ondrej Zahustel, Jakub Brabec, Mario Holek, Costa Nhamoinesu; Lukas Marecek, Lukas Vacha; Ladislav Krejci, Martin Frydek, Borek Dockal; Lukas Julis
Pelatih: Zdenek Scasny

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016