Jakarta (ANTARA News) - Prabowo Subianto selaku Ketua Dewan Pembina DPD Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) melantik Sandiaga S Uno sebagai Ketua APPSI periode 2015-2020, di Gelanggang Remaja Jakarta Pusat, Selasa.

"Himpunan pedagang pasar di seluruh Indonesia sering dikalahkan dalam kekuatan besar dalam ekonomi model sekarang. APPSI berusaha membela dan perjuangannya tidak ringan tapi saya optimistis di bawah kepemimpinan baru akan lebih baik," kata Prabowo, saat acara pelantikan.

Menurut Prabowo, ekonomi tradisional termasuk pedagang pasar kaki lima masih jauh dari kesejahteraan.

"Seolah-olah bangsa Indonesia hanya milik segelintir orang saja. Elit kita selalu cerita yang baik-baik dan muluk-muluk seolah-olah mau menutup-nutupi. Indonesia harusnya lebih baik dari yang kita rasakan sekarang. Saya sudah berjuang bertahun-tahun menyampaikan terlalu banyak kekayaan Indonesia yang mengalir ke luar negeri," jelasnya.

Ia pun percaya bahwa Sandiaga memenuhi kriteria pemimpin yang baik.

"Pemimpin yang kita harapkan jujur, arif dan bijaksana. Banyak ciri pemimpin yang terpenuhi Sandiaga Uno. Sekarang tinggal semangat," ujar mantan Perwira TNI Angkatan Darat itu.

Pada kesempatan yang sama, Sandiaga berjanji akan melindungi pedagang pasar yang menurutnya masih terpinggirkan.

"Beberapa waktu lalu saya ke pasar ada fenomena yang berkembang bahwa kenaikan harga cenderung melambung tinggi, pedagang pasar cenderung terpinggirkan oleh karena itu APPSI harus hadir untuk menyederhanakan mata rantai barang," katanya.

"Kita tidak musuhan dengan pasar modern, harus sama-sama eksis. Hasil survey 70 persen warga masih ingin belanja di pasar tradisional karena selain murah, barang masih fresh, dan ada interaksi sosial. Maka jangan mengeluh, kita harus bangkit jadikan ini modal," jelas Sandiaga yang digadang-gadang akan maju dalam pencalonan Gubernur DKI Jakarta itu.


Pewarta: Monalisa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016