Jakarta (ANTARA News) - Strategi kontra flow akan dilakukan di beberapa titik rawan kemacetan di Tol Cikampek dan Tol Purbaleunyi, mengantisipasi meningkatnya kepadatan lalin menjelang libur panjang Paskah.

"Dengan dilakukan kontra flow di beberapa titik rawan (macet) menghindari (penumpukan jumlah kendaraan) di rest area," kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Condro Kirono, dalam pesan singkat, di Jakarta, Kamis.

Condro memperkirakan penumpukan kendaraan akan terjadi di rest area kilometer 19 Tol Cikampek. Hal itu karena rest area tersebut merupakan rest area pertama di tol bagi kendaraan yang menuju arah Bandung maupun Cirebon.

Selain kontra flow sebelum rest area, kontra flow juga akan dilakukan di pintu tol Cikarang Utama.

Pihaknya memperkirakan masyarakat akan berangkat ke tempat liburan masing-masing usai jam kantor sehingga diperkirakan kepadatan di ruas-ruas jalan di Jakarta terjadi mulai jam kerja sore hari hingga malam hari.

Dalam langkah antisipasi tersebut, kekuatan yang akan dilibatkan adalah dari Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Jasa Marga dan pemangku kepentingan lainnya. Pengamanan akan dilaksanakan dari tanggal 24 Maret sampai dengan tanggal 27 Maret 2016.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016