Jakarta (ANTARA News) - Skotlandia berhasil membungkam Republik Ceko dengan skor 1-0 pada laga persahabatan jelang Piala Eropa Prancis 2016 di Stadion Generali Arena, Republik Ceko, Jumat dini hari WIB.

Gol tunggal kemenangan Skotlandia dicetak penyetang Watford, Ikechi Anya, melalui skema serangan balik yang dibangun Ross McCormack kemudian menceploskan bola yang tidak terjangkau kiper Ceko, Koubek, pada menit 10.

Kiper Skotlandia, McGregor, mempertontonkan penyelamatan gemilang saat menghentikan sepakan voli Frydek pada menit 16.

Kenny McLean nyaris menggandakan keunggulan Skotlandia setelah mendapatkan umpan Anya, namun sepakannya melambung ke atas gawang Koubek pada menit 54.

Republik Ceko meminta penalti setelah Vydra dijatuhkan bek Skotlandia, Berra, pada menit 76 namun tidak dikabulkan wasit.

McGregor, menjaga gawang Skotlandia tetap bersih setelah menepis tendangan Pudil. Bola liar yang kembali masuk ke lapangan kemudian diblokir Phillips sehingga tidak menghasilkan peluang bagi Ceko pada menit 83. Skor 1-0 pun bertahan hingga laga usai.

Republik Ceko tergabung di grup D Piala Eropa 2016 bersama Spanyol, Turki dan Kroasia. Sementara Skotlandia tidak bermain pada turnamen sepak bola empat tahunan Benua Biru itu, demikian Skysports.

Susunan pemain:

Rep Ceko (4-2-3-1):
Koubek, Kaderabek, Sivok, Kadlec, Limbersky, Vacek, Darida, Dockal, Frydek, Sural, Necid.

Skotlandia (4-4-2): McGregor, Hutton, Martin, Berra, Robertson, Snodgrass, Fletcher, Mulgrew, Anya, McLean, McCormack.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016