Jakarta (ANTARA News) - Prancis sukse mengalahkan tuan rumah Belanda 3-2 pada laga pemanasan jelang Piala Eropa 2016 di Stadion Amsterdam Arena, Sabtu dini hari.

Pada laga ini juga digelar satu menit penghormatan untuk legenda sepak bola Belanda dan dunia, Johan Cruyff, yang pernah bermain untuk timnas Belanda, Ajax, dan Barcelona.

Pasukan Les Blues berhasil unggul cepat 1-0 saat laga memasuki menit ke-6 lewat tendangan bebas melengkung yang dilepaskan penyerang Atletico Madrid Antonie Griezmann.

Striker Arsenal, Oliver Giroud, menggandakan keunggulan Prancis 2-0 setelah menerima umpan akurat Blaise Matuidi pada menit 13.

Belanda berhasil membalas lewat tendangan bebas Depay yang disambut aksi De Jong untuk membobol gawang Prancis yang dijaga Mandanda pada menit 47.

Tim Oranye bahkan menyamakan kedudukan menjadi 2-2 ketika umpan Depay berhasil disambut sentuhan Ibrahim Affelay pada menit 86.

Namun Prancis tidak menyerah, gelandang Paris Saint Germain Blaise Matuidi berhasil menceploskan bola ke gawang Cillessen berkat umpan cemerlang Dimitri Payet pada menit 87. Skor 3-2 bertahan hingga laga usai.

Prancis yang juga tuan rumah Piala Eropa tergabung di grup A bersama Rumania, Swiss dan Albania. Sementara Belanda tidak telibat dalam Piala Eropa 2016 karena tersingkir di babak playoff.

Prancis akan membuka Piala Eropa melawan Rumania pada laga perdana di Stadion Stade de France pada 10 Juni 2016, sementara laga final akan dihelat di stadion yang sama pada 10 Juli, demikian Skysports.

Susunan pemain kedua tim:

Belanda (5-3-2):
Cillessen, Veltman, Bruma, van Dijk, Blind, Willems, Klaassen, Clasie, Sneijder, de Jong, Promes.

Prancis (4-3-3): Mandanda, Jallet, Varane, Koscielny, Evra, Pogba, Diarra, Matuidi, Griezmann, Giroud, Payet.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016