Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Hanura Wiranto meyakini Teman Ahok akan berhasil mengumpulkan kartu tanda penduduk (KTP) sesuai prasyarat bagi calon perserorangan Pilkada DKI 2017.

"Kalau tidak yakin kita tidak dukung," ujar Wiranto dalam deklarasi dukungan Hanura bagi Ahok, di Kantor DPP Hanura, Jakarta, Sabtu.

Wiranto mengatakan Hanura tidak peduli dengan istilah calon perseorangan atau bukan. Hanura juga tidak mempersoalkan apakah akan disebut sebagai partai pengusung atau pendukung.

"Kami tidak peduli itu. Yang penting marilah bersama-sama mendukung calon yang sudah diorientasikan mampu memimpin Jakarta," ujar Wiranto.

Dia menekankan keputusan Hanura mendukung Ahok karena sudah ada penelitian dari lembaga survei terhadap Ahok. 

Selain itu Hanura juga telah memonitor keinginan rakyat melalui keterangan para pengurus dari tingkat kecamatan, kota hingga provinsi.

"Kami mendengarkan aspirasi dari bawah. Jadi dukungan ini bukan keinginan pak Wiranto atau DPP Hanura. Sebagai partai yang berorientasi pada hati nurani rakyat, Hanura tidak ingin mengingkari aspirasi rakyat," ujar dia.

Di sisi lain Wiranto menekankan DKI Jakarta adalah provinsi yang istimewa dan khusus yang menjadi ibukota negara. Menurut dia, di negara manapun, pasti ingin menjadikan ibukotanya sebagai etalase negara.

"Indonesia juga tidak ingin kalah dengan negara lain. Namun di DKI Jakarta penduduknya sangat beragam, maka tentu kriteria gubernur DKI berbeda dengan kota lain, belum tentu gubernur daerah lain bisa sukses pimpin Jakarta," kata Wiranto.

Dengan demikian, kata dia, jika sudah ada calon seperti Ahok yang telah terbukti mampu memimpin Jakarta, maka tidak ada alasan Hanura mendukung calon lain.

Partai Hanura, pada Sabtu, secara resmi mendeklarasikan mendukung Ahok dalam Pilkada 2017. Ahok yang hadir menyaksikan deklarasi tersebut menyatakan rasa terima kasihnya atas dukungan Hanura kepada dirinya.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016