Jakarta (ANTARA News) - Volume kendaraan di lima ruas jalan yang diberlakukan uji coba penghapusan aturan pembatasan kendaraan wajib minimal berpenumpang tiga orang (3in1), meningkat 24,35 persen pada tiga hari pertama.

"Di ruas-ruas jalan yang tadinya diterapkan 3in1 itu ada penambahan kendaraan sehingga kemacetan bertambah," ujar Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Kadishubtrans) DKI Jakarta Andri Yansyah usai mengikuti rapat evaluasi uji coba penghapusan kebijakan 3in1 di Jakarta, Jumat sore.

Menurut Andri, peningkatan volume kendaraan di beberapa ruas jalan Ibu Kota disebabkan euforia masyarakat yang dibebaskan untuk melalui jalur yang sebelumnya diterapkan aturan 3in1.

Dampak lain dari uji coba tersebut juga tampak dari relatif sepinya jalan-jalan kolektor karena warga lebih memilih menggunakan jalan protokol.

Dari sisi pengguna kendaraan umum yakni bus TransJakarta, Dishubtrans DKI mencatat fluktuasi jumlah penumpang akibat diberlakukan uji coba penghapusan 3in1.

Sebagai contoh, pada Selasa (5/4) jumlah penumpang menurun menjadi 67 ribu dibandingkan pada hari yang sama minggu sebelumnya yang mencapai 71 ribu penumpang.

Sedangkan pada hari kedua uji coba, jumlah penumpang TransJakarta justru meningkat menjadi 72 ribu dibandingkan pada Rabu minggu sebelumnya dengan jumlah 71 ribu penumpang.

Sementara itu, kenaikan signifikan tercatat atas pengguna bus bantuan reguler TransJakarta yang digratiskan bagi masyarakat sebagai alternatif transportasi selama berlangsungnya masa uji coba penghapusan 3in1.

Pada Selasa (5/4), terdapat 2.007 penumpang yang menggunakan bus gratis tersebut jika dibandingkan hari yang sama minggu sebelumnya.

Begitu pun pada Rabu (6/4), jumlah penumpang meningkat hingga 3.300 orang dibandingkan minggu sebelumnya sebanyak 1.258 orang.

Sementara pada Kamis (7/4), penumpang bertambah menjadi 2.647 orang dari minggu sebelumnya 1.179 orang.

Sejak Selasa (5/4), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan uji coba penghapusan aturan 3in1 di lima ruas jalan yakni Jalan Sisingamangaraja, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Medan Merdeka Barat dan sebagian Jalan Jenderal Gatot Subroto.

Uji coba tersebut akan dilanjutkan pada 11-13 April mendatang.

Pewarta: Yashinta Difa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016