Putri Paul Walker dapat santunan 10,1 juta dolar

Putri Paul Walker dapat santunan 10,1 juta dolar

Paul Walker (REUTERS)

Amerika Serikat (ANTARA News) - Putri mendiang aktor Paul Walker memperoleh santunan sebesar 10,1 juta dolar AS dari keluarga pria yang mengemudikan mobil dalam kecelakaan yang menewaskan keduanya pada 2013, demikian pernyataan pengacara gadis itu, Jumat (Sabtu WIB).

Walker menjadi penumpang mobil Porsche Carrera GT 2005 yang dikemudikan oleh Roger Rodas saat mobil yang melaju dengan kecepatan 80-93 mil per jam (129-150 kilometer per jam) itu oleng dan menghantam pohon dan tiang listrik di Santa Clarita, wilayah barat laut Los Angeles, Amerika Serikat.

Pengacara Meadow Walker, Jeff Milam, dalam pernyataannya menyatakan bahwa pembayaran itu akan masuk dalam dana jaminan remaja berusia 17 tahun tersebut.

Pembayaran itu, yang diperoleh pada November 2014, tidak diketahui publik selama hampir 1,5 tahun karena tuntutan itu diajukan dengan nama "Meadow W.", demikian menurut laman berita selebriti TMZ yang pertama melaporkan berita tersebut.

Menurut pernyataan Milam, Rodas hanya bertanggung jawab sebagian atas kecelakaan tersebut. Pembayaran itu hanya sebagian kecil dari apa yang akan diperoleh Walker sebagai bintang film internasional jika ia hidup.

Kuasa hukum keluarga Rodas belum berhasil dimintai komentarnya.

Kematian Walker pada usia 40 tahun menyebabkan terhentinya produksi "Furious 7", film terakhir dalam serial mega hit aksi tentang balapan ilegal di jalanan yang menjulangkan kariernya.

Pada 2015 film tersebut menghasilkan lebih dari 1,5 miliar dolar AS di seluruh dunia sehingga menempatkan pada jajaran film berpenghasilan tertinggi sepanjang waktu.

Milam menyatakan bahwa putri aktor tersebut melanjutkan gugatan hukumnya terhadap Porsche AG dan dia meminta perusahaan tersebut bertanggung jawab atas produksi kendaraan yang cacat dan menyebabkan kematian Paul Walker.

Meadow Walker, satu-satunya anak dan pewaris tunggal aktor tersebut, mengajukan tuntutan kepada produsen mobil asal Jerman tersebut pada September lalu, dengan materi gugatan yaitu tidak memadainya fitur-fitur keamanan yang dapat mencegah kecelakaan atau setidaknya membuat korban bertahan hidup.

Porsche menyatakan bahwa aktor tersebut bertanggung jawab atas kematian dirinya sendiri. Setelah investigasi selama empat bulan, para pejabat Los Angeles menyatakan bahwa kecelakaan tersebut disebabkan oleh kecepatan yang melampaui batas, bukan karena kesalahan mekanik.

Milam menyatakan bahwa Paul Walker selamat dari dampak kecelakaan, namun terbakar sampai mati karena cacatnya mobil rancangan Porsche itu.

Hakim federal yang mengetuai gugatan sama yang diajukan oleh ahli waris Rodas terhadap Porsche di Los Angeles memutuskan untuk memenangkan perusahaan mobil tersebut, Senin, dengan menyatakan, "Penggugat tidak memberikan bukti yang kuat bahwa kematian Rodas terjadi akibat beberapa kesalahan dari bagian tergugat." Demikian laporan Reuters.

(Uu.M038/G003)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Menkes serahkan santunan kepada ahli waris nakes di DKI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar