San Sebastian, Spanyol (ANTARA News) - Juara bertahan sekaligus pemuncak klasemen sementara La Liga Spanyol, Barcelona, harus menelan hasil buruk saat melakoni laga pekan ke-32 dengan dibekuk tuan rumah Real Sociedad 0-1 di Stadion Anoeta, San Sebastian, Minggu pagi WIB.

Sebuah gol cepat yang dicetak penyerang Mikel Oryazabal dengan tandukan kepalanya menyambut umpan silang Xabi Prieto pada saat laga baru berjalan lima menit menjadi satu-satunya gol yang tercipta di laga tersebut.

Barcelona yang bermain tanpa kehadiran penyerang Uruguay Luis Suarez yang tengah menjalani hukuman akumulasi kartu harus menelan kekalahan pahit meskipun sepanjang laga menguasai 73 persen pengendalian bola.

Tim besutan Luis Enrique itu melepaskan 13 kali percobaan tembakan yang enam di antaranya menemui sasaran, namun tak satupun berbuah gol.

Peluang berbahaya Barcelona terjadi pada menit 90 lewat tendangan Andres Iniesta yang memaksa penjaga gawang Geronimo Rulli melakukan penyelamatan gemilang demi memastikan kemenangan Sociedad atas tim tamu saat peluit tanda laga usai terdengar.

Hasil itu sebetulnya tak mempengaruhi langsung posisi Barcelona yang masih di puncak klasemen dengan koleksi 76 poin, namun ancaman kejaran dari peringkat kedua Atletico Madrid (73) dan urutan ketiga Real Madrid (72) kian besar.

Di sisi lain, kekalahan tersebut juga menjadi penghenti catatan positif Las Blaugranas yang sebelumnya tak terkalahkan dalam 11 kali laga tandang.

Selain itu, Barcelona juga untuk pertama kalinya sejak Mei 2014 melewatkan tiga pertandingan tanpa meraih satu kemenanganpun. 

Kekalahan ini menjadi kekalahan kedua Barcelona secara beruntun setelah pekan lalu mereka takluk dari Madrid dalam El Clasico di hadapan publik Stadion Nou Camp.

Kekalahan kali ini menjadi kekalahan kelima Barcelona dalam tujuh lawatan terakhir ke Anoeta.

Sementara itu bagi Sociedad (41) hasil itu mengangkat mereka ke urutan sembilan klasemen sementara, melewati Eibar (41) yang di laga lain takluk dari Madrid.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi La Liga.

Real Sociedad (4-3-3): Geronimo Rulli (PG); Aritz Elustondo (Zaldua), Mikel Gonzalez, Diego Reyes, Alberto De la Bella; Asier Illaramendi, Esteban Granero, David Zurutuza (Ruben Pardo); Xabi Prieto, Carlos Vela, Mikel Oyarbazal (Hector Hernandez)
Pelatih: Eusebio Sacristan

Barcelona (4-3-3): Claudio Bravo (PG); Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano, Sergi Roberto (Ivan Rakitic); Arda Turan (Jordi Alba), Sergio Busquets, Rafinha (Andres Iniesta); Lionel Messi, Munir El Haddadi, Neymar
Pelatih: Luis Enrique

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016