Liverpool, Inggris (ANTARA News) - Liverpool sukses menghantam tim tamu Stoke City dengan kemenangan telak 4-1 dalam laga lanjutan pekan ke-33 Liga Utama Inggris di Stadion Anfield, Minggu.

Penyerang muda Belgia yang penampilannya tengah menanjak, Divock Origi, mengemas dwigol dalam laga tersebut meskipun ia memulai dari bangku cadangan dan baru masuk di awal babak kedua.

Origi mencetak gol pertamanya lima menit setelah merumput, berdiri tanpa kawalan berarti demi menanduk bola umpan silang James Milner dalam sebuah situasi sepak pojok ke gawang Stoke pada menit 50.

Gol kedua Origi dicetaknya sepuluh menit kemudian, dari sudut kiri serangan melepaskan sebuah tendangan yang terlihat seperti umpan silang untuk Daniel Sturridge yang berdiri cukup bebas di dalam kotak penalti.

Namun bola tendangan Origi tak tersambut Sturridge, juga mematikan langkah penjaga gawang Jakob Haugaard, memastikan kemenangan Liverpool menjadi 4-1.

Origi sebetulnya memperoleh beberapa kesempatan untuk mencetak lebih dari dua gol dalam 45 menit penampilannya itu, namun ia yang berdiri tanpa kawalan kala menanduk bola di hadapan gawang pada menit 62 tak mampu mengarahkan sundulannya dengan baik.

Hasil tersebut, membuat kedua tim bertukar tempat di klasemen sementara Liverpool kini peringkat kedelapan dengan raihan 48 poin sedangkan Stoke (47) turun ke urutan sembilan.

Bagi Liverpool, hasil itu bisa menjadi modal penting untuk kepercayaan diri menyongsong laga kedua perempat final Liga Europa menghadapi wakil Jerman Borussia Dortmund di Anfield tengah pekan ini.

Laga itu pula yang mendorong pelatih Juergen Klopp menurunkan banyak pemain yang beberapa waktu lalu lebih sering menempati bangku cadangan, seperti duet Martin Skrtel dan Kolo Toure. 

Sementara absennya kapten Jordan Henderson akibat cedera panjang yang mengakhiri musimnya lebih awal dan akumulasi kartu kuning yang diterima Emre Can berhasil diatasi dengan kehadiran Joe Allen dan gelandang muda Kevin Stewart di lini tengah Liverpool.

Lucas Leiva yang sempat dibekap cedera juga kembali tampil, masuk menggantikan Allen pada 12 menit terakhir waktu normal.

Liverpool membuka keunggulan lewat Alberto Moreno pada menit 8, memanfaatkan situasi tendangan bebas, yang digulirkan pendek oleh Milner kepada bek Spanyol itu sebelum diselesaikan dengan tendangan jarak jauh yang melengkung menghindari halauan tangan penjaga gawang Jakob Haugaard.Berikut susunan pemain yang akan diturunkan kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris.

Namun demikian keunggulan itu dibuyarkan oleh Stoke saat Bojan Krkic menyelesaikan bola tendangan bebas yang dikirimkan Xherdan Shaqiri ke dalam kotak penalti pada menit 22. Seperti biasa barisan pertahanan Liverpool selalu lemah dalam mengantisipasi bola mati.

Sturridge, yang belakangan posisinya terancam oleh Origi yang tengah naik daun, membuktikan diri bahwa ia masih bertaji dengan mencetak gol pada menit 32.

Menit 32 Ojo menari melewati Shaqiri di sisi kiri, sebelum menusuk ke dalam dan melepaskan umpan tarik nan matang yang disambut dengan tandukan Sturridge.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris.

Liverpool (4-4-1-1): Simon Mignolet (PG); Nathaniel Clyne, Martin Skrtel, Kolo Toure, Alberto Moreno; James Milner, Kevin Stewart, Joe Allen (Lucas Leiva), Sheyi Ojo (Divock Origi); Roberto Firmino (Adam Lallana); Daniel Sturridge
Pelatih: Juergen Klopp

Stoke City (4-2-3-1): Jakob Haugaard (PG); Phil Bardsley, Ryan Shawcross, Philipp Wollscheid, Erik Pieters (Marc Muniesa); Geoff Cameron, Gianelli Imbula; Xherdan Shaqiri (Mame Biram Diouf), Ibrahim Afellay, Bojan Krkic (Joselu); Peter Crouch
Pelatih: Mark Hughes

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016