Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan  tak melanggar hak azasi manusia (HAM) dalam penertiban di kawasan Pasar Ikan Kampung Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Melanggar HAM? Kita bilang, ini HAM apa? Saya bilang, membiarkan orang Jakarta tinggal dalam kemiskinan, dimainkan dalam kemiskinan terus, itu lebih melanggar HAM, lihat saja Kalijodo!" Katanya saat tiba di kantor di Balaikota DKI Jakarta pada Senin (11/4).

Ahok mengatakan, penertiban kawasan tersebut justru akan membawa kebaikan bagi warga Jakarta. 

Warga akan dipindahkan ke sejumlah rumah susun dan kawasan yang digusur akan dibangun turap beton untuk antisipasi banjir.

"Sekarang anak-anak sekolah keadaannya jadi lebih baik enggak? Mereka sekolah dijemput bus, dikasih KJP, seperti itu dibilang melanggar HAM? Dulu di Kalijodo anak-anak dibiarkan melihat pelacuran, prostitusi, perjudian, mabok semua di depan muka pintu tidak melanggar HAM anak-anak? Kondisi begitu, bagaimana anak-anak mau belajar dan sekolah kalau tiap hari musiknya begitu kencang? Itu enggak melanggar HAM? Jadi sudah kalau ribut ya silakan lah sekarang, urusan dengan aparat, itu saja," pungkasnya.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016