Master plan Pasar Ikan sudah ada sejak 2014, saya malas aja berdebat di sosmed atau media. Tuduhan Ahok bangun tidur suruh bongkar ini ngaco banget."
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok mengatakan "master plan" untuk penataan kawasan Pasar Ikan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. sudah ada sejak 2014.

"Master plan Pasar Ikan sudah ada sejak 2014, saya malas aja berdebat di sosmed atau media. Tuduhan Ahok bangun tidur suruh bongkar ini ngaco banget," kata Ahok di Jakarta, Rabu.

Soal konsep Kota Tua itu semuanya lengkap. Kalau adanya apartemen di dekat kawasan Pasar Ikan itu tanahnya swasta dan urusan swasta, katanya.

"Dan yang dibongkar itu tanah negara gak mungkin saya kasih swasta. Kita aja mau beli tanah swasta di perumahan Cakung," kata Ahok.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan solusi kepada warga yang telah bermukim sejak lama dan memiliki rumah tinggal di lingkungan RT 001, 002, 011 dan 012 di RW 04 Pasar Ikan untuk mendapatkan hunian layak di rumah susun (rusun) Marunda dan Rawa Bebek.

Saat dilakukan penggusuran pada Senin pagi (11/4), ratusan warga Pasar Ikan mencoba menolak dan bertahan. Bahkan petugas pengamanan gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polisi dan TNI sebanyak 4.218 personel melakukan upaya paksa dengan membawa beberapa warga ke dalam bus yang telah disediakan.

Petugas pengamanan gabungan juga sempat mengamankan aktivis perempuan, Ratna Sarumpaet saat terjadinya penolakan oleh warga yang mencoba bertahan.

Tangisan dan teriakan histeris kebanyakan wanita mewarnai penggusuran di kawasan Pasar Ikan saat itu.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016