Jakarta (ANTARA News) - Atletico Madrid bermain cemerlang dengan menyingkirkan raksasa Spanyol Barcelona 2-0 (Agregat 3-2) pada leg kedua perempatfinal Liga Champions di Vicente Calderon Madrid, Kamis dini hari WIB.

Dua gol yang diciptakan Antoine Griezmann memastikan Atletico Madrid melengang ke semifinal Liga Champions bersama tim sekota Real Madrid dan Manchester City yang lolos pada laga kemarin.

Pada jalannya laga, kepercayaan diri Atletico Madrid sudah terlihat saat melancarkan serangan perdana lewat aksi Gabi yang menyongsong umpan mendatar Juanfran dari sisi sayap saat laga baru berjalan 3 menit.

Satu menit kemudian, Carrasco yang dimainkan mengisi posisi Fernando Torres melepaskan tembakan yang mampu ditangkap kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen.

Ketika Atletico sudah melepaskan beberapa serangan, Blaugrana baru bisa keluar menyerang pada menit 10 lewat aksi Javier Mascherano namun tidak berbuah gol.

Luis Suarez yang tampil pada laga ini setelah absen, berkesempatan saat menyambut umpan sepak penjuru Neymar, namun bola berhasil dihalangi bek Atletico Diego Godin pada menit 27.

Stadion Atletico Madrid bergemuruh saat Antoine Griezmann menceploskan bola ke gawang Barcelona untuk keunggulan 1-0 menyusul umpan akurat Saul Niguez pada menit 36.

Barcelona mencoba serangan dari sisi sayap kanan melalui aksi Dani Alves yang melepaskan tembakan pada menit 48, tidak juga berbuah gol.

Sebaliknya sepakan Koke yang mengarah ke gawang Ter Stegen nyaris berbuah gol, beruntung bisa diblokir pemain Barcelona pada menit 53.  Playmaker Saul Niguez menanduk bola dari skema tendangan penjuru namun bola membentur mistar gawang pada menit 53.

Messi yang tidak leluasa menguasai bola memiliki peluang dari sayap kiri, namun tembakan pemain kidal ini dihalangi Koke pada menit 58.

Barcelona melancarkan serangan kembali dari aksi Suarez kemudan melepaskan tembakan yang ditepis Jan Oblak pada menit 66. Tendangan Jordi Alba juga tidak bisa menembus gawang Atletico karena diblokir Lucas Hernandes.

Suarez belum menyerah, pada menit 84 bekas pemain Liverpool itu berhasil masuk ke pertahanan Atletico kemudian melepaskan tendangan mendatar, namun kembali diamankan Jan Oblak.

Justru Atletico menambah keunggulan 2-0 lewat eksekusi penati Griezmann menyusul kecerobohan Iniesta yang menyentuh bola di kotak terlarang pada menit 87. Skor 2-0 bertahan hingga laga usai.

Berdasarkan statistik UEFA, Atletico bermain efektif dengan mencetak dua gol kendati hanya memiliki 29 persen penguasaan bola. Barcelona yang menguasai 71 penguasaan bola melepaskan empat tendangan yang tidak berbuah gol.

Susunan pemain kedua tim dilansir UEFA:

Barcelona:
Ter Stegen; Alves (Sergi Roberto), Mascherano, Pique, Alba; Rakitic (Turan), Busquets, Iniesta; Messi, Suarez, Neymar.

Atletico:
Oblak; Juanfran, Godin, Lucas (Savic), Filipe Luis; Koke, Augusto, Gabi, Saul; Griezmann, Ferreira Carrasco (Partey).

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016