Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Formula 1 Indonesia, Rio Haryanto, meraih posisi ke-19 pada sesi kedua latihan bebas China Grand Prix 2016, di Sirkuit Internasional Shanghai, China, Jumat.

Pebalap tim Manor Racing itu, seperti tercantum dalam situs resmi Formula 1 yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat, mencatatkan waktu tercepatnya satu menit 40,550 detik dan menyelesaikan 33 lap.

Catatan waktu yang diraih pebalap asal Solo, Jawa Tengah, itu 3,654 detik lebih lama dibanding catatan waktu pebalap Ferrari Kimi Raikkonen yang menempati posisi pertama dengan satu menit 36,896 detik. Kimi menyelesaikan sesi kedua latihan bebas sebanyak 35 lap.

Sementara, rekan satu tim Rio yaitu Pascal Wehrlein menempati peringkat 17 dengan catatan waktu satu menit 39,941 detik dengan total 36 putaran.

Kedua pebalap Manor Racing menjajal dua jenis ban pada sesi kedua latihan bebas di Shanghai yaitu ban medium dan ban soft.

Latihan sesi kedua GP China diwarnai drama dari pebalap tim Haas Esteban Gutierrez. Mobil yang dikemudikan Gutierrez mengeluarkan api pada bagian rem ban kiri belakang. 

Panitia perlombaan Formula 1 menyebut percikan api yang muncul berasal dari masalah listrik pada mobil Gutierrez.

Sebelumnya pada sesi pertama latihan bebas di Shanghai, Rio menempati posisi ke-16 dengan catatan waktu satu menit 41,614 detik. Rio yang menyelesaikan 20 lap berada di depan Pascal yang menempati posisi ke-18 dengan catatan waktu satu menit 42,908 detik.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016