Liverpool, Inggris (ANTARA News) - Liverpool untuk sementara unggul 2-0 atas Everton hingga babak pertama usai dalam Derby Merseyside yang menjadi laga lanjutan Liga Utama Inggris di Stadion Anfield, Kamis dini hari WIB.

Keunggulan tersebut diperoleh berkat dua gol sundulan yang dicetak oleh Divock Origi dan Mamadou Sakho di menit-menit pengujung babak pertama.

Apabila kedudukan bertahan, Liverpool akan naik ke peringkat ketujuh klasemen sementara dengan koleksi 54 poin menggusur Southampton (51).

Liverpool yang menguasai 62 persen pengendalian bola sepanjang babak pertama sebetulnya sejak awal memiliki banyak peluang untuk membuka keunggulan.

Jika ada yang harus diacungi jempol adalah kesigapan penjaga gawang Joel Robles menghalau setidaknya dua peluang emas Liverpool di babak pertama.

Laga baru berjalan enam menit saat Philippe Coutinho dalam situasi yang tidak nyaman berhasil meneruskan bola umpan kepada Adam Lallana yang berlari bebas, berhadapan satu lawan satu dengan Robles, namun bola sepakannya masih bisa dihalau Robles dengan kaki kanannya.

Penyelamatan serupa berulang pada menit 29, kali ini memakan korban upaya tembakan Roberto Firmino dari sisi kanan kotak penalti.

Everton sendiri hampir tak melakukan banyak serangan berarti sepanjang babak pertama, dan tak bisa protes saat akhirnya Liverpool membuka keunggulan pada menit 43.

Sebuah umpan silang yang dikirimkan James Milner ke tiang jauh berhasil disambut tandukan kepala Origi, yang mengalahkan John Stones dalam duel udara, demi menyarangkan bola ke gawang Everton.

Di menit-menit tambahan waktu Liverpool menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 melalui situasi sepak pojok, yang sempat dihalau namun Milner bisa melepaskan umpan lambung lagi ke dalam kotak penalti di mana Sakho berdiri bebas tanpa kawalan demi mengantarkan bola ke gawang Everton lagi.

Susunan pemain kedua tim menurut laman resmi Liga Utama Inggris.

Liverpool (4-2-3-1): Simon Mignolet (PG); Nathaniel Clyne, Dejan Lovren, Mamadou Sakho, Alberto Moreno; Lucas Leiva, James Milner; Adam Lallana, Roberto Firmino, Philippe Coutinho; Divock Origi
Pelatih: Juergen Klopp

Everton (4-2-3-1): Joel Robles (PG); Bryan Oviedo, John Stones, Ramiro Funes Mori, Leighton Baines; James McCarthy, Gareth Barry; Aaron Lennon, Ross Barkley, Kevin Mirallas; Romelu Lukaku
Pelatih: Roberto Martinez

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016