Temanggung, Jawa Tengah (ANTARA News) - Belasan polisi wanita (Polwan) Polres Temanggung mengenakan kebaya sambil membagikan bunga kepada para pengendara yang melintas di jalan timur Alun-Alun Temanggung, dalam rangka Hari Kartini.

Pemandangan yang tidak biasa ini menarik perhatian pengguna jalan di tengah padatnya arus lalu lintas di Temanggung, Kamis pagi.

Para polwan dengan ramah menyapa para pengguna jalan sambil memberikan sekuntum bunga sebagai simbol cinta kasih kepada masyarakat dan para pengendara pun dengan senang hati menerima peberian bunga ini.

Kasat Lantas Polres Temanggung, AKP Choirul Anwar mengatakan aksi simpatik ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap R.A. Kartini yang menjadi simbol perjuangan emansipasi wanita Indonesia.

Ia berharap, dengan meneladani Kartini, seluruh Polwan lebih meningkatkan dedikasi melayani masyarakat, khususnya di Kabupaten Temanggung.

"RA Kartini telah menunjukkan jasa dan pengorbanannya bagi kemajuan negara Republik Indonesia. Hal ini bisa juga dicontoh oleh para Polwan, meskipun lewat cara-cara lain sesuai dengan kewajiban masing-masing," katanya.

Seorang Polwan, Brigadir Andhini Destayana mengaku tidak terbebani karena tidak mengenakan seragam dinas dan harus berdandan dengan pakaian adat Jawa.

"Memang membutuhkan waktu berdandan cukup lama dibanding apabila kami mengenakan seragam dinas harian. Namun, hal ini tidak mengubah komitmen untuk memberikan edukasi tata tertib serta pelayanan di bidang lalu lintas," kata Andhini.


Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016