Ramadi, Irak (ANTARA News) - Total 35 orang tewas dalam serangan udara koalisi pimpinan Amerika Serikat dan bentrokan antara pasukan keamanan Irak dan petempur ISIS di Provinsi Anbar, Irak Barat, Minggu (24/4), kata satu sumber keamanan provinsi.

Sedikitnya 17 petempur ISIS tewas dan lima kendaraan mereka hancur ketika pesawat koalisi membombardir posisi ISIS di Albu Ali Al-Jasim di sebelah utara ibu kota provinsi, Ramadi, sekitar 110 kilometer di sebelah barat Baghdad, kata sumber tersebut kepada Xinhua dengan syarat namanya tak disebut.

Sementara itu, enam prajurit tewas dan delapan lagi cedera ketika seorang pengebom bunuh diri meledakkan mobil penuh peledak di satu pangkalan militer di daerah Roufa di sebelah timur-laut Kota Garma yang dikuasai gerilyawan di sebelah timur kota ajang pertempuran Fallujah, sekitar 50 kilometer di sebelah barat Ibu Kota Irak, Baghdad, kata sumber tersebut.

Pengeboman bunuh diri itu diikuti oleh serangan puluhan anggota ISIS ke pangkalan militer tersebut, menyulut pertempuran sengit dengan tentara sehingga 12 gerilyawan tewas, kata sumber itu.

Ia menambahkan pesawat-pesawat tempur koalisi internasional ikut ambil bagian dalam pertempuran tersebut, mengebom para penyerang dan menghancurkan satu kendaraan yang membawa senapan mesin berat.

Desember tahun lalu, tentara pemerintah merebut kembali Ramadi, ibu kota provinsi terbesar Irak, Anbar.

Pasukan keamanan Irak dan satuan paramiliter sekutunya memerangi ISIS untuk merebut kembali banyak wilayah di Irak Barat dan Utara yang dikuasai oleh petempur ISIS sejak Juni 2014.(Uu.C003)


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016