Langkat, Sumatera Utara (ANTARA News) - Sebanyak 1.130 kotak naskah soal ujian nasional tingkat sekolah menengah pertama (SMP) sederejat sudah tiba di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, diangkut satu truk, langsung ditempatkan di salah satu ruangan di SMPN 5 Stabat.

"Tepat pukul 09.00 WIB, naskas soal ujian tersebut sudah mulai dibongkar untuk selanjutnya di tempatkan di salah satu ruangan sekolah itu, sebelum didistribusikan Dinas Pendidikan dan Pengajaran Langkat," kata petugas pengiriman naskah UN SMP dari Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Lampo Siregar, di Stabat, Sabtu.

Adapun 1.130 kotak soal ujian nasional SMP tersebut terdiri dari bahasa Indonesia Matematika, bahasa Ingris dan IPA terdiri dari 265 kotak x empat mata pelajaran yaitu 1.060 kotak.

Selain itu ada juga paket SMPLB 60 kotak, juga paket ujian nasional susulan untuk SMP/MTs sebanyak empat kotak dan paket B susulan sebanyak enam kotak, katanya.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Langkat, Gembira Ginting, menjelaskan, naskah soal UN SMP itu segera didistribusikan kepada sub rayon pelaksana ujian, seterusnya didistribusikan kepada para kepala sekolah.

"Kami sudah instruksikan seluruh soal tersebut untuk segera diambil terutama dari sekolah yang jauh serta mendapat pengawalan dari aparat polisi," katanya.

Ujian Nasional tingkat SMP dimulai Senin (9/5) hingga Kamis (12/5), dengan mata ujian bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016