Merak (ANTARA News) - Arus balik liburan panjang di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan kendaraan pribadi maupun penumpang pejalan kaki.

Berdasarkan pantauan, Minggu, menunjukkan ribuan kendaraan di Pelabuhan Merak tampak lancar setelah mereka memanfaatkan liburan panjang Hari Isa Al Masih dan Isra Mi"raj.

Penumpang pejalan kaki dan kendaraan dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung yang turun melalui Pelabuhan Merak bisa langsung menuju berbagai daerah di Pulau Jawa.

Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung juga berjalan lancar.

Arus balik penumpang dan kendaraan pribadi di Pelabuhan Merak ramai, sebab pada hari Senin (9/5), mereka sudah kembali bekerja normal. Kebanyakan para penumpang pejalan kaki dan kendaraan pribadi bertujuan Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi.

Meskipun terjadi kepadatan kendaraan, arus lalu lintas di sekitar Pelabuhan Merak lancar tanpa antrean panjang.

"Kami bekerja keras untuk kelancaran arus lalu lintas sehingga tidak terjadi antrean kendaraan," kata Kepala Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetama di Merak.

Selama ini, kata dia, ASDP Merak mengoperasikan kapal Ro-Ro sebanyak 27 armada dengan perjalanan pulang pergi sekitar 99 trip.

Saat ini, kondisi Pelabuhan Merak berjalan lancar tanpa antrean kendaraan.

"Seluruh penumpang maupun kendaraan yang tiba di pelabuhan bisa langsung diseberangkan menuju Pulau Sumatra," katanya.

Kepala Devisi (Kadiv) Hukum dan Humas PT Marga Mandalasakti (MMS) Indah Permanasari mengatakan bahwa arus balik liburan panjang berjalan lancar meskipun terjadi lonjakan jumlah kendaraan.

Pewarta: Mansyur
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016