Bandung (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berkomitmen untuk mengoneksikan produk-produk kesenian dan desain hasil karya para penyandang disabilitas kepada dunia industri agar bisa bersaing dengan produk lainnya.

"Produknya menurut saya sangat spektakuler. Sehingga sekarang menurut saya kita harus meningkatkan konektivitas dengan dunia industri, termasuk dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan dunia pariwisata," kata Khofifah usai menghadiri pengumuman pemenang Olimpiade Seni dan Desain bagi Penyandang Disabilitas 2016 di Universitas Widyatama, Bandung, Minggu.

Khofifah memandang hasil karya penyandang disabilitas yang dilombakan seperti lukisan, komik strip, kerajinan tangan, fotografi, seni tari, dan seni musik dapat bersaing dengan produk yang sudah ada.

Menteri yang juga merupakan Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut menyatakan pemerintah daerah serta Bekraf sebagai lembaga negara harus memberikan akses untuk produk penyandang disabilitas dengan dunia usaha.

"Sekarang ini tidak seluruh daerah punya Bekraf. Jadi kalau sudah ada, saya mohon bisa dibangun konektivitas dengan kemampuan penyandang disabilitas di bidang art dan desain," ujar dia.

Khofifah juga mengungkapkan akan adanya rencana perkemahan khusus bagi penyandang disabilitas pada Oktober 2016. Perkemahan tersebut bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengidentifikasi hasil produk-produk dari penyandang disabilitas.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016