Merak (ANTARA News) - Lalu lintas penumpang pada hari terakhir libur panjang pekan ini di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon hingga Minggu malam masih normal dan belum terjadi lonjakan signifikan.

"Kami memantau pergerakan penumpang maupun kendaraan di enam dermaga masih normal dan arus lalu lintas lancar," kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Mario S Utomo, di Merak.

Arus balik liburan melalui penyeberangan Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung hingga kini belum mencapai 100 persen.

Kemungkinan puncak arus balik akan terjadi Senin dinihari karena sejak Minggu sore hingga malam belum terjadi lonjakan signipikan.

Bahkan, enam dermaga Pelabuhan Merak tidak terjadi kepadatan maupun penumpukan kendaraan.

Saat ini, penyeberangan Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni, Lampung terpantau lancar dengan mengerahkan sebanyak 27 kapal Ro-Ro.

Pergerakan penumpang dan kendaraan belum terlihat dibandingkan sehari sebelumnya penumpang pejalan sebanyak 4.312, penumpang di atas kendaraan 20.613 orang dan total kendaraan 5.114 unit.

"Kami melihat arus balik itu belum terjadi lonjakan penumpang maupun kendaraan," katanya.

Samsudin (40), seorang penumpang warga Bandarlampung mengaku dirinya kembali ke Tangerang karena Senin (9/5) harus bekerja lagi setelah liburan panjang Hari Isa Almasih dan Isra Miraj.

Selama ini, arus balik liburan tidak begitu saling berdesakan dibandingkan Hari Raya Idul Fitri.

"Kami sejak dari rumah hingga Pelabuhan Merak berjalan lancar," ujar penumpang pejalan kaki itu.

Pewarta: Mansyur
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016