Jakarta (ANTARA News) - Rangkaian kompetisi sepak bola Negeri Matador, La Liga Spanyol bersiap menutup musim 2015/2016 dengan gelaran pekan pamungkas yang berlangsung tidak serentak sejak Sabtu (14/5) dini hari WIB hingga Senin (16/5) dini hari WIB.

Perebutan gelar juara antara Barcelona dengan Real Madrid boleh jadi merupakan sajian utama di pertandingan pekan terakhir yang berlangsung Sabtu (14/5) malam. (baca: Jadwal Liga Spanyol, siapa juara?)

Namun perebutan gelar juara bukan satu-satunya yang dipertaruhkan 20 tim yang berlaga di liga tersebut, terdapat penentuan tiket ke kompetisi antarklub lintas negara Eropa serta kepastian siapa yang akan tergusur dan berlaga di Divisi Segunda musim depan.

Tiket ke Liga Champions Eropa untuk mewakili Spanyol sudah dipastikan milik empat tim, yang saat ini menempati urutan pertama hingga keempat klasemen sementara yakni Barcelona (88), Real Madrid (87), Atletico Madrid (85) dan Villarreal (64). Hanya saja Villarreal harus memulai dari babak playoff, sementara tiga tim yang disebut lebih awal akan memulai dari fase penyisihan grup.

Untuk tiket Liga Europa, kondisi saat ini menyiratkan bahwa peringkat lima dan enam yakni Celta Vigo (60) dan Atletico Bilbao (59) setidaknya akan meraih tiket babak kualifikasi ketiga kompetisi tersebut. 

Satu tiket fase grup bisa saja langsung diraih oleh Sevilla (52) yang saat ini menempati urutan ketujuh jika tim besutan Unai Emery itu bisa mengalahkan Barcelona di partai final Piala Raja nanti.

Jika Sevilla kalah di final Piala Raja, maka mereka hanya akan mendapat tiket ke babak kualifikasi ketiga Liga Europa karena tiket fase grup akan lungsur ke tim yang finis di urutan kelima.

Namun demikian Sevilla bahkan bisa meraih satu tiket ke Liga Champions musim depan jika memenangi partai final Liga Europa menghadapi Liverpool di Stadion St. Jakob-Park, Basel, Swiss, pada 18 Mei 2016 waktu setempat.

Celta dan Bilbao yang memperebutkan peringkat kelima sama-sama melakoni laga pekan pamungkas pada Minggu (15/5) dini hari WIB. Celta melawat ke Stadion Vicente Calderon menghadapi Atletico, sedangkan Bilbao menjamu Sevilla di Stadion San Mames. 

Zona degradasi
Sejauh ini baru satu tim yang dipastikan terdegradasi dari La Liga, Levante (32) yang sementara ini menempati dasar klasemen.

Namun sedikitnya tiga tim masih terancam bakal tergusur untuk turun ke Divisi Segunda yakni Getafe (36), Gijon (36) dan Rayo Vallecano (35), yang saat ini secara berurutan menempati posisi 17-19.

Pada waktu bersamaan Senin (16/5) dini hari WIB, ketiga tim terancam akan melakoni laga penutup mereka. Getafe melawat ke markas Real Betis, Gijon menjamu Villarreal dan Vallecano meladeni tim juru kunci Levante.

Kemenangan menjadi resep utama untuk Getafe meloloskan diri dari ancaman degradasi, tak peduli hasil Gijon di laga lain. Sebab jikapun kedua tim memiliki raihan poin setara Getafe unggul catatan pertemuan melawan Gijon musim ini, dengan satu kali kemenangan dan sekali imbang.

Sementara bagi Gijon kemenangan saja tak cukup untuk meloloskan diri dari degradasi, mereka membutuhkan Getafe tak meraih poin penuh dalam lawatannya ke Stadion Benito Villamarin.

Gijon juga masih berpeluang untuk tetap aman meskipun meraih hasil imbang, meskipun syaratnya Getafe takluk dari tuan rumah Betis serta Vallecano gagal meraih kemenangan di laga lain.

Vallecano sendiri menjadi tim yang peluangnya boleh dibilang paling kecil untuk aman dari degradasi karena berada di urutan terbawah, dan selain harus menang saat menghadapi Levante, mereka membutuhkan Getafe dan Gijon tidak meraih poin penuh dari pertandingan masing-masing.

Skenario terunik adalah apabila Vallecano bermain imbang sedangkan Getafe dan Gijon kalah, maka ketiga tim akan memiliki total perolehan poin yang sama dan Vallecano secara perhitungan catatan pertemuan ketiga tim paling unggul karena mereka menang dua kali sekali atas Getafe dan sekali lagi atas Gijon dan tidak pernah mengalami kekalahan.

Jika situasi itu terjadi maka Vallecano lolos dari degradasi dan Gijon serta Getafe mendampingi Levante turun ke Divisi Segunda.

Berikut jadwal rangkaian pertandingan pekan penutup La Liga Spanyol seturut laman resmi liga. (tuan rumah disebut pertama)

Jadwal Sabtu (14/5) dini hari WIB
Valencia - Real Sociedad

Jadwal Sabtu (14/5) malam WIB
Deportivo La Coruna - Real Madrid
Granada - Barcelona

Jadwal Minggu (15/5) dini hari WIB
Atletico Bilbao - Sevilla
Atletico Madrid - Celta Vigo

Jadwal Minggu (15/5) malam WIB
Malaga - Las Palmas

Jadwal Senin (16/5) dini hari WIB
Espanyol - Eibar
Rayo Vallecano - Levante
Real Betis - Getafe
Sporting Gijon - Villarreal

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016