Semarang (ANTARA News) - Operator seluler PT Telkomsel memastikan kesiapan jaringannya secara nasional untuk menghadapi lonjakan trafik komunikasi menjelang Ramadhan dan Lebaran 1437 H dengan meningkatkan kapasitas hingga 60 persen.

"Peningkatan kapasitas disiapkan di sepanjang jalur utama mudik di Pulau Jawa dan Sumatera. Khusus di Jawa Barat kapasitas ditingkatkan 41 persen, Jawa Tengah 42 persen, dan Jawa Timur sebesar 60 persen dan Sumatera Selatan sebesar 59 persen," kata Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi, di sela Telkomsel Network Drive Test 2016 di Semarang, Kamis.

Telkomsel memperkirakan saat musim puncak arus mudik akan terjadi lonjakan layanan SMS dibanding hari biasa berkisar 5-15 persen menjadi sekitar 930 juta SMS per hari, layanan data menembus 2.700 Tera Byte atau naik 15 persen-20 persen.

Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut Telkomsel melakukan serangkaian kegiatan optimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan.

Hal ini akan membantu pelanggan untuk tetap dapat terhubung dengan layanan Telkomsel.

Sukardi menambahkan, menurut data Kementerian Perhubungan pada tahun 2016 pergerakan arus mudik secara nasional mencapai sekitar 20 juta orang. Sebesar 4,2 juta di antaranya adalah pemudik dengan tujuan Jawa Tengah dan sekitarnya.

Untuk itu, selain di jalur mudik Pulau Jawa, Telkomsel juga melakukan uji jaringan di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi menggunakan rute darat dan kereta api sehingga secara total uji kesiapan jaringan mencakup jarak 10.921 kilometer.

Khusus di Pulau Jawa uji coba dilakukan di jalur Jakarta - Semarang dan Surabaya - Semarang yang melibatkan sekitar 100 orang jurnalis, melintasi Cirebon, Tegal, Pekalongan, dan berakhir di Semarang. Sementara itu dari Surabaya melintasi Tuban, Kudus, Semarang.

"Kedua jalur ini dipilih mengingat tingginya angka pemudik yang melintasi kedua jalur tersebut di masa-masa Lebaran," kata Sukardi.

Sementara itu, Direktur Sales Telkomsel Masud Kamid mengatakan telah mengidentifikasi sebanyak 809 lokasi titik kumpul (point of interest/POI) pemudik, meliputi bandar udara, terminal bus, jalan tol, stasiun kereta, dermaga penyeberangan, rumah sakit, area padat populasi, pasar tradisional, dan mal.

Di lokasi-lokasi ini juga menjadi perhatian utama Telkomsel agar pelanggan mendapatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data.

Pada periode Lebaran pelanggan Telkomsel akan dilayani oleh 116.000 BTS di berbagai penjuru negeri, dimana sekitar 57 persen diantaranya merupakan BTS broadband (3G dan 4G) yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 776 Gbps (Giga bit per second).

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016