Sochi, Rusia (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo telah melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xun Phuc di ruang bilateral III Hotel Radisson Blu, Sochi.

Menurut pantauan Antara di Sochi pada Kamis siang, Presiden Jokowi didampingi oleh sejumlah menteri yaitu Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Perdagangan Thomas Lembong dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki.

Presiden Jokowi beserta delegasi memasuki ruangan terlebih dahulu pada sekitar pukul 14.50 waktu setempat (18.50 WIB) dan kemudian disusul oleh delegasi Vietnam.

Menurut agenda kepresidenan, rencananya pertemuan bilateral itu akan berlangsung selama 30 menit.

Sementara itu, Perdana Menteri Vietnam didampingi oleh sejumlah pejabat antara lain Wakil Perdana Menteri Pham Binh Minh, Menteri Sekretariat Pemerintah Mai Tien Dung, Menteri Perencanaan dan Investasi Nguyen Chi Dung, Menteri Perdagangan Tran Tuan Anh, serta Wakil Menteri Luar Negeri Le Hoai Trung.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Sochi pada Rabu petang, pertemuan PM Nguyen dengan Presiden Jokowi merupakan pertemuan perkenalan Nguyen karena telah diangkat sebagai PM Vietnam pada April 2016.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga telah melakukan pertemuan dengan Presiden Putin di rumah kediaman Presiden Putin, Bocharoc Rucey, Sochi pada Rabu malam.

Beberapa potensi kerja sama yang dibahas yaitu peningkatan ekspor minyak sawit dari Indonesia, kerja sama pertahanan dan keamanan, energi, serta pariwisata.

Terkait bidang pertahanan dan keamanan, menurut Presiden Jokowi, selain alutsista Indonesia dan Rusia juga butuh melakukan kerja sama pertukaran informasi intelejen terkait terorisme serta transfer teknologi alutsista.

Jokowi juga menyampaikan undangan kepada Putin untuk melakukan kunjungan ke Jakarta sebagai mitra dekat Indonesia.
(T.B019/B/R010/R010) 19-05-2016 19:50:03

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016