Apabila ditemukan pedagang yang melakukan penimbunan sembako maka akan tindak tegas sesuai aturan berlaku agar mereka jera dan menjadi contoh bagi pedagang lainnya untuk tidak melakukan kejahatan yang sama,"
Pangkalpinang (ANTARA News) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi memastikan stok sembako mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah karena pasokan dari luar daerah lancar.

"Kita pastikan kebutuhan sembilan bahan pokok cukup dan harga tidak akan mengalami kenaikan yang tinggi menjelang puasa dan Lebaran," kata Rustam Effendi di Pangkalpinang, Senin.

Selain itu ia juga memastikan tidak akan ada pedagang yang melakukan penimbunan sembako yang akan memicu kenaikan harga tinggi di daerah itu.

"Kita telah membentuk pengawas gabungan untuk mengawasi ketersediaan dan harga sembako di gudang distributor dan pedagang eceran," ujarnya.

Gubernur mengatakan pembentukan tim pengawas sembako ini penting sebagai antisipasi dini lonjakan harga yang akan memberatkan ekonomi masyarakat kurang mampu dalam menyambut hari besar agama.

"Apabila ditemukan pedagang yang melakukan penimbunan sembako maka akan tindak tegas sesuai aturan berlaku agar mereka jera dan menjadi contoh bagi pedagang lainnya untuk tidak melakukan kejahatan yang sama," ujarnya.

Jika terjadi kenaikan harga sembako di atas kewajaran, menurut dia, maka pemerintah provinsi akan menggelar pasar murah untuk menekan harga.

"Operasi pasar agar masyarakat kurang mampu mendapatkan harga yang terjangkau, sehingga mereka dapat menyambut puasa dan Lebaran dengan suka cita," ujarnya.

Ia berharap pedagang tidak melakukan penimbunan dan tidak menaikkan harga terlalu tinggi yang hanya akan memberatkan ekonomi masyarakat.

"Kami berharap masyarakat ikut berperan dalam mengawasi apabila ditemukan, melihat atau mengetahui penimbunan sembako maka segera lapor ke Disperindag atau aparat kepolisian," ujarnya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016