Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Ade Komaruddin (Akom) bertemu Duta Besar Republik Islam Iran untuk Indonesia, Valiollah Mohammadi, di Gedung Parlemen, Kamis ini membahas peluang peningkatan hubungan dagang antar dua negara. 

"Hubungan agama sudah berjalan baik selama ini. Iran bukan negara yang asing buat orang Indonesia. Tadi saya sampaikan terutama karena kedua negara mempunyai modal kuat kebudayaan, agama, kemudian sebaiknya meningkat pada hubungan dagang," ujar Akom. 

Akom yang saat itu didampingi Wakil Ketua DPR Agus Hermanto dan Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) Nurhayati Ali Assegaf, juga mengungkapkan kemungkinan peluang kerjasama di bidang lain. 

Dalam kesempatan itu, Mohammadi mengungkapkan banyak potensi antara Iran dan Indonesia yang bisa ditingkatkan, salah satunya di bidang teknologi. 

"Mengingat parlemen setiap negara berperan memperluas hubungan antar negara, kami melihat penting bertemu Ketua Parlemen Indonesia. Bagaimana memperluas hubungan kedua negara. Alhamdulillah banyak potensi yang bisa dimaksimalkan. Kami melihat terdapat peluang memperluas hubungan perdagangan, teknologi," kata dia. 

Selain itu, Mohammadi juga menyampaikan undangan Ketua Parlemen Iran kepada parlemen Indonesia untuk berkunjung ke Iran, sebagai daya dorong relasi kedua negara.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016