Langkat, Sumut, (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, memberikan bantuan kepada 3.159 bilal mayit yang tersebar di 23 kecamatan daerah itu dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah.

"Bantuan yang harus disalurkan bagi para bilal mayit ini sudah ditampung didalam APBD yang datanya sudah ada di masing-masing kecamatan," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Pemerintah Langkat Haji Syahrizal di Stabat, Selasa.

Bilal mayit adalah orang yang mengurus jenazah mulai dari memandikan dan mengafankan.

Para bilal mayit tersebut nantinya akan menerima Rp150.000 per orang, yang dapat dimanfaatkan untuk meringankan beban ekonomi mereka selama Ramadhan, katanya.

Keseluruhan dana yang dianggarkan mencapai Rp473.850.000, tambah dia.

Lebih lanjut Syahrizal mengatakan, Pemerintah Langkat akan melaksanakan buka puasa bersama seluruh komponen warga pada 14 Juni 2016 di kediaman dinas Bupati di Stabat, sekaligus pelepasan tim safari Ramadhan yang akan bertugas ke 46 masjid yang sudah ditentukan.

"Ada 46 masjid nantinya yang akan dikunjungi tim safari Ramadhan Pemkab Langkat sekaligus akan memberikan bantuan senilai Rp3 Juta per masjidnya," katanya.

Tim safari Ramadhan yang diterjunkan nantinya akan mengikuti pelaksanaan sholat Isya, tarawih dan witir bersama para jamaah masjid, memberikan ceramah kuliah agama dan pesan moral untuk terbinanya kehidupan masyarakat yang harmonis dan kondusif, serta menampung aspirasi jamaah untuk diteruskan kepada Bupati.

Adapun masjid yang akan dikunjungi tim safari Ramadhan itu terdiri Masjid Basam Salim Abdullah Salim Gebang, Masjid Agung Maiturrahman Kuala, Masjid Arrahman Salapian, Masjid Nurul Iman Padang Tualang, Masjid Nurul Huda Selesai, Masjid Al Istiqomah Stabat, Masjid As Syuhada Binjai, Masjid At Taubah Kuala.

Selain itu juga akan mengunjungi Masjid Al Ikhlas Selesai, Masjid Al Islamiyah Stabat, Masjid Istiqomah BinjaI, Masjid Nurul Falaq Padang Tualang, Masjid Amaluddin Amin Hinai, Masjid Al Ikhlas Sei Bingei, Masjid Baiturrahman Bahorok, Masjid Uswatun Hasanah Wampu, Masjid Taqwa Sirapit, Masjid Nurul Islam Tanjungpura.

Selain itu masjid Baiturrahman Brandan Barat, masjid Al Amin Sei Bingei, masjid Al Ikhlas Besitag, masjid Nurul Iman Secanggang, masjid Al Istiqomah Salapian, masjid Ukhuwah Islamiyah Babalan, masjid Al Ikhlas Sei Lepan, masjid Taqwa Sawit Seberang, musolla Hudalilmuttaqin Brandan Barat dan beberapa masjid lainnya.

"Tim safari itu nantinya akan dipimpin Bupati, Wakil Bupati, Sekdakab, para Asisten, para staf ahli, pimpinan SKPD, dan juga dihadiri para anggota DPRD dari masing-masing daerah pemilihan," ujarnya.

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016