Jakarta (ANTARA News) - Timnas Sepak Bola Amerika Serikat (AS) membuka peluang lolos dari fase grup A usai memastikan kemenangan 4-0 atas Kosta Rika pada laga kedua Copa Amerika Centenario di Stadion Soccer Field Chicago, Rabu pagi Waktu Indonesia Barat (WIB).

Kemenangan ini membuat tim yang dilatih Juergen Klinsmann duduk di puncak klasemen grup A dengan perolehan tiga poin atau menyamai perolehan angka Kolombia di posisi kedua yang baru akan bertanding melawan Paraguay sesaat lagi.

Gol kemenangan AS dicetak Clint Dempsey, Jermaine Jones dan Bobby Woods pada babak pertama. Graham Zusi mencetak gol pada akhir babak kedua untuk memastikan kemenangan AS dengan skor 4-0.

Clint Dempsey membuka keunggulan AS saat laga baru menginjak menit ke-9 melalui eksekusi penalti akibat pelanggaran yang dilakukan pemain bertahan Kosta Rika, Christian Gamboa, terhadap Bobby Woods di kotak penalti.

Amerika Serikat menggandakan keunggulan 2-0 berkat tendangan "first time" yang dilepaskan Jermaine Jones setelah menerima bola sodoran dari Clint Dempsey yang lolos dari pengawalan pemain Kosta Rica pada menit 37.

Bobby Wood mencetak gol untuk menutup babak pertama dengan skor 3-0 untuk keunggulan Amerika Serikat pada menit 42.

Pada babak kedua juru taktik Kosta Rika Oscar Ramirez memasukkan Azofeifa dan Salvatierra untuk menggantikan Gamboa dan Joel Campbell yang bermain tidak optimal pada babak kedua.

Namun dua pemain yang baru masuk tersebut juga tidak mampu menembus jantung pertahanan Amerika Serikat yang dijaga Deandre Yedlin dan Geoff Cameron.

Sebaliknya, Amerika Serikat kembali melancarkan serangan yang nyaris berbuah gol lewat sepakan Dempsey pada menit 70. Namun sepakan bekas pemain Tottenham Hotspur itu melenceng ke sisi gawang Kosta Rika.

Amerika Serikat menggenapkan kemenangan 4-0 lewat gol yang dicetak pemain pengganti Graham Zusi pada menit 87. Skor 4-0 bertahan hingga laga usai.

Statistik situs Copa Amerika 2016 mencatat Kosta Rika menguasai 58 persen penguasaan bola berbanding 42 persen. Namun Amerika Serikat lebih efektif menyerang dengan melepaskan 10 sepakan, sementara Kosta Rika hanya enam kali menembak tanpa satu pun gol.

Susunan pemain kedua tim dilansir situs resmi :

Kosta Rica (5-4-1):
Patrick Pamberton (pg), Ronald Mattarita, Christian Gamboa (Salvatierra), Johnny Acosta, Fran Calvo, Oscar Duarte, Celso Borges, Cristian Bolanos, Bryan Ruiz, Joel Campbell (Azofeifa), Marcos Urena (Saborio).

Pelatih: Oscar Ramirez

Amerika Serikat (3-4-3):
Brad Guzan (pg), Deandre Yedlin, Geoff Cameron, Brooks, Fabian Johnson, Jermaine Jones, Bradley, Alejandro Bedoya (Beckerman), Bobby Wood (Graham Zusi), Clint Dempsey (Chris Wondolowski), Zardes.

Pelatih: Juergen Klinsmann.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016