Pangkalpinang (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan 134 unit bus untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama arus mudik Lebaran 2016.

"Mudah-mudahan tidak ada penumpukan calon penumpang selama arus mudik lebaran nanti," kata Kepala Dishub Kepulauan Babel, Sarjulianto di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan sebanyak 134 unit bus yang disediakan yaitu 100 unit bus angkutan antarkota antarprovinsi, 30 bus Damri, dan empat unit bus perintis milik Pemprov Kepulauan Babel.

"Angkutan darat yang disedia cukup, namun apabila terjadi penumpukan calon penumpang di terminal maka akan ditambah lagi," ujarnya.

Demi kelancaran aru mudik antarpulau, kata dia, pihaknya juga menambah extra flight maskapai penerbangan.

"Kami telah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura Depati Amir untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama arus mudik tahun ini," ujarnya.

Ia mengatakan "extra flight" dibuka untuk maskapai Sriwijaya Air sebanyak tiga kali penerbangan pada H-3 hingga H+3 Lebaran Idul Fitri.

"Selama arus mudik penerbangan ditingkatkan menjadi 58 kali per hari dibanding hari biasanya sebanyak 52 kali per hari," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya penambahan bus dan penerbangan dapat mengatisipasi lonjakan calon penumpang selama arus mudik lebaran, sehingga masyarakat dapat pulang kampung dengan aman, tertib dan lancar.

"Penambahan bus dan penerbangan ini dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016