Jakarta (ANTARA News) - Spanyol benar-benar terguncang dengan kalah 0-1 dari Georgia dalam laga persahabatan jelang Piala Eropa 2016. Pelatih La Furia Roja Vicente del Bosque langsung melakukan pembenahan utamanya menyatukan kekompakan dan kebersamaan tim.

Berikut prediksi Grup D Piala Eropa 2016:

Spanyol:
* Pekerjaan rumah terbesar bagi Spanyol yakni menyatukan dan menyerasikan antara lini pertahanan dan lini depan. Mereka tidak ingin terantuk kali kedua, setelah gagal di Piala Dunia 2014.
* La Roja sempat mendapat malu dengan kalah 1-5 dari Belanda di laga pembukaan. Kekalahan ini sedikit banyak mempengaruhi perjalanan tim di babak selanjutnya.
* Spanyol tetap di hati fans dunia dan dijagokan keluar sebagai juara Piala Eropa.
* Sebagai manajeer legendaris, Vicente del Bosque bakal pensiun setelah turnamen ini. Faktor ini memicu dan memotivasi skuad memberi memori termanis di akhir masa kepelatihan sang entrenador.

Kroasia:
* Senantiasa bertumpu di lini gelandang, dengan mengandalkan kekuatan dan ketajaman pemain Real Madrid Luka Modric.
* Modric menyandang predikat sebagai gelandang serang terbaik di dunia yang memperkuat Los Blancos. Ini ia buktikan ketika melawan Atletico Madrid di ajang Liga Champions.  Perannya begitu sentral bagi daya gedor Kroasia.
* Selain Modric, Kroasia punya Mateo Kovacic, serta pemain Barcelona Ivan Rakitic, pahlawan di ajang final Liga Champions 2015.
* Lini bek tengah menjadi titik lemah Kroasia, meski ditunjang bek tengah Liverpool Dejan Lovren yang tidak jarang membuat blunder ketika berlaga di Anfield.

Turki:   
* Turki tampil sebagai tim yang mengandalkan serangan yang efektif dan efisien. Buktinya, mereka mampu melaju ke semifinal Piala Eropa 2008. Hanya saja mereka gagal lolos ke babak kualifikasi Piala Eropa 2012.
* Tim lain perlu mewaspadai Hakan Calhanoglu yang membela Bayer Leverkusen. Pemain ini punya tendangan bebas mematikan dan mendapat predikat sebagai spesialis tendangan bebas di kancah sepak bola Eropa.
* Bukan tidak mungkin gol Turki lahir dari bola-bola mati. Publik tidak bisa menutup mata dengan kekuatan Turki, utamanya ketika para punggawanya mengambil tendangan bebas.
* Turki perlu memiliki striker murni di masa depan.

Republik Ceska:
* Fans sangat berharap kepada daya juang para pemain Ceska. Belum pernah mengemas clean sheet di laga babak penyisihan, karena itu lini pertahanan menjadi fokus pertahanan.
* Sudah waktunya Ceska "menyekolahkan" para pemainnya bertarung di laga-laga elite dunia, Premier League, La Liga dan Serie A.
* Hanya Petr Cech yang berpengalaman tampil di panggung dunia.
* Banyak mengandalkan kekompakan tim secara keseluruhan.    

Prediksi juara di Grup D: 1. Spanyol 2. Kroasia 3. Republik Ceska 4. Turki

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016