Jakarta (ANTARA News) - Slowakia menelan hasil buruk di laga debut mereka di kancah Piala Eropa dengan kekalahan 1-2 dari sesama tim debutan, Wales, dalam penyisihan Grup B di Stadion Matmut Atlantique, Bordeaux, Prancis, Minggu dini hari WIB.

Pelatih Slowakia, Jan Kozak, mengaku tidak puas dengan kekalahan tersebut namun di waktu bersamaan menilai Wales sedikit lebih beruntung sehingga bisa keluar sebagai pemenang dalam laga tersebut.

"Tentu saja setiap kekalahan tidak menyenangkan, khususnya di EURO. Saya sadar betul siapapun yang mencetak gol akan memiliki keunggulan dan Wales sendiri memiliki pertahanan yang terorganisir dengan baik," kata Kozak seperti dilansir laman resmi UEFA selepas pertandingan.

"Setelah kemasukan gol kami tidak nyaman kala mengendalikan bola, kehilangan penguasaan bola, namun setelah turun minum kami melakukan yang terbaik dan berhasil menyamakan kedudukan. Hingga akhir pertandingan kedua tim berusaha meraih kemenangan, pertandingan berjalan terbuka, dan mereka memiliki sedikit lebih banyak keberuntungan," ujar Kozak menambahkan.

Kozak juga mengaku gol penyama kedudukan yang diperoleh Slowakia tidak lepas dari arahannya pada saat turun minum kepada para bek sayap untuk lebih rutin membantu serangan.

"Setelah itu saya pikir (Robert) Mak dan (Vladimir) Weiss mendapat lebih banyak dukungan dari bek sayap. Ketika saya memasukkan (Ondrej) Duda dan (Andre) Nemec itu langkah berisiko, tapi anda harus menghadapinya dalam skenario seperti ini," kata Kozak.

Di sisi lain Kozak menilai bahwa gol kedua Wales seharusnya bisa diantisipasi oleh anak-anak asuhannya.

"Kami seharusnya bisa mencegah gol kedua, namun itulah sepak bola," katanya.

Gol kedua berawal dari kecerdikan Aaron Ramsey merebut bola tak jauh dari kotak penalti lawan dan sempat mengelabui kapten Slowakia Martin Skrtel sebelum menyodorkan bola kepada Hal Robson-Kanu. 

Penyerang pengganti itu lantas berusaha menendang bola, namun sepakannya tak sempurna, walaupun cukup untuk mengarahkan bola ke dalam gawang yang dikawal Matus Kozacik.

Slowakia selanjutnya akan menghadapi Rusia pada Rabu (15/6) di Stadion Pierre-Mauroy, Lille.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016