Setiap kali Gareth Bale memasuki lapangan ia melakukan keahliannya."
Jakarta (ANTARA News) - Pemain bintang tim nasional Wales, Gareth Bale, menuai pujian usai tampil baik saat membawa timnya mengalahkan Slowakia dengan skor 2-1 dalam laga penyisihan Grup B Piala Eropa 2016 di Stadion Matmut Atlantique, Bordeaux, Prancis, Minggu dini hari WIB.

Pemain klub Real Madrid, Spanyol, itu mencetak gol pembuka dari bola mati pada menit 10, yang serupa reka ulang gol perdananya untuk Wales pada 2006 silam juga ke gawang Slowakia.

Selain gol tersebut, Bale yang membukukan 62 persen akurasi umpan sepanjang laga sehingga beberapa kali terlihat merepotkan barisan pertahanan Slowakia.

Apiknya penampilan Bale juga menuai pujian dari rekan setimnya, Joe Allen.

"Setiap kali Gareth Bale memasuki lapangan ia melakukan keahliannya. Kami sangat bangga bahwa ia mewakili negara kami. Anda juga harus menyebutkan dorongan yang ia ciptakan kepada tim ini," kata Allen dalam konferensi pers selepas laga yang disiarkan laman resmi UEFA.

Hal senada juga disampaikan pelatih timnas Wales, Chris Coleman, yang menilai segala sumbangsih Bale membuatnya dicintai tiga juta warga negara Wales.

"Semua orang akan mengingat gol yang dicetaknya namun beberapa momen terbaiknya ada di ujung laga, yakni intelegensia sepak bolanya. Mungkin bukan hal-hal yang indah tapi akan melakukan apapun untuk tim ini," kata Coleman.

Ia menimpali, "Ia mengerti apa yang dibutuhkan dan memenuhinya, dan pada akhirnya membuat tiga juta rakyat Wales mencintainya."

Selanjutnya Wales akan memasuki "perang saudara" sesama negeri di seberang Eropa daratan dalam laga kontra Inggris di pertandingan selanjutnya di Grup B pada Kamis (16/6) di Stadion Felix Bollaert-Delilis, Lens, Prancis.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016