LCT Kariya Star 3 itu tenggelam akibat cuaca buruk ..."
Samarinda (ANTARA News) - Tim pencari dan penyelamat (search and rescue/SAR) berhasil mengevakuasi 11 penumpang kapal jenis Landing Craft Tank (LCT) Kariya Star 3 yang tenggelam di wilayah perairan Tanjung Mangkaliat, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, Kamis (9/6).

Kepala Seksi Operasional Badan SAR Nasional (Basarnas) Balikpapan, Mujiono, pada Minggu dinihari menyatakan, sebanyak 11 penumpang LCT Kariya Star 3 berhasil dievakuasi pada Sabtu pagi (10/6) sekitar pukul 08. 00 Wita.

"Ke-11 orang tersebut sempat dinyatakan hilang sesaat setelah LCT Kariya Star 3 dilaporkan tenggelam di perairan Tanjung Mangkaliat pada Kamis (9/6). Ke-11 orang itu berhasil ditemukan Sabtu pagi sekitar pukul 06.00 Wita oleh tugboat 69 milik Berau Coal dan dievakuasi pukul 08. 00 Wita," ujarnya.

Ia menimpali, "LCT Kariya Star 3 itu tenggelam akibat cuaca buruk di wilayah perairan Tanjung Mangkaliat, Kabupaten Kutai Timur yang berbatasan dengan wilayah perairan Kabupaten Berau."

Sebanyak 11 orang yang sempat dinyatakan hilang tersebut, menurut dia, ditemukan selamat.

"Mereka dalam kondisi selamat dan sehat. Hingga saat ini, ke-11 penumpang tersebut masih dalam proses evakuasi menuju Tanjung Redeb, Kabupaten Berau," kata Mujiono.

Kantor SAR Balikpapan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten (pemkab) setempat, yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Kabupaten Berau untuk menyiapkan tenda penginapan sementara bagi korban LCT itu.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pemkab Berau agar menyiapkan penginapan sementara kepada penumpang dan ABK yang berhasil dievakuasi tersebut," ujarnya menambahkan.

Pewarta: Amirullah
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016