Lyon, Prancis (ANTARA News) - Tim nasional Italia mengungguli Belgia dengan skor 1-0 hingga memasuki waktu turun minum dalam laga penyisihan Grup E Piala Eropa 2016 di Stadion Parc OL, Lyon, Prancis, Selasa dini hari WIB.

Sebuah gol yang dicetak gelandang Bologna, Emanuele Giaccherini, pada menit 32 membawa Gli Azzurri unggul atas Setan Merah.

Berawal dari umpan panjang yang dilepaskan Leonardo Bonucci dari situasi bola mati di tengah lapangan, disambut dengan tenang oleh Giaccherini yang berdiri bebas tanpa kawalan sebelum melepaskan tendangan untuk menaklukkan penjaga gawang Thibaut Courtois.

Belgia sebetulnya tampil mengendalikan permainan dengan penguasaan 54 persen bola sepanjang babak pertama, namun rapatnya pertahanan gerendel ala Italia membuat delapan kali percobaan tembakan yang dua di antaranya mengarah ke sasaran tak membuahkan hasil apa pun.

Selain itu kepiawaian penjaga gawang gaek, Gianluigi Buffon, sejauh ini cukup menjadi pengaman ketat gawang Italia dari berbagai percobaan tembakan Belgia termasuk upaya Radja Nainggolan pada menit 11.

Italia sendiri berpeluang memperbesar keunggulan menit 36 di tengah kegugupan Belgia setelah kebobolan, sayangnya tandukan Graziano Pelle masih menyamping dari sasaran walau Courtois sudah terlambat satu langkah.

Belgia memiliki tugas berat untuk membalikkan keadaan mengingat sepanjang sejarah mereka di putaran final Piala Eropa tidak pernah berhasil meraih kemenangan setelah tertinggal kala menutup babak pertama.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

Belgia (4-2-3-1): Thibaut Courtois (PG); Laurent Ciman, Toby Alderweireld, Thomas Vermaelan, Jan Verthongen; Radja Nainggolan, Axel Witsel; Kevin De Bruyne, Marouane Fellaini, Eden Hazard; Romelu Lukaku
Pelatih: Marc Wilmots

Italia (5-3-2): Gianluigi Buffon (PG); Antonio Candreva, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Matteo Darmian; Marco Parolo, Daniele De Rossi, Emanuele Giaccherini; Graziano Pele, Eder
Pelatih: Antonio Conte.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016