Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan bahwa Komjen Pol Tito Karnavian pantas menjadi Kapolri untuk menggantikan Jenderal Badrodin Haiti.

"Penunjukan calon Kapolri adalah kewenangan Presiden yang mendapat persetujuan dari DPR RI," kata Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), usai berbuka puasa di rumah jabatan ketua MPR RI, di Jakarta, Rabu malam.

Hadir pada acara buka puasa bersama itu, antara lain Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua DPR RI Ade Komarudin, para Wakil Ketua DPR RI Taufik yaitu Kurniawan, Agus Hermanto, dan Fahri Hamzah.

Hadir juga Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, para Wakil Ketua MPR RI yakni Oesman Sapta, Hidayat Nur Wahid, dan Mahyudin.

Menurut Zulkifli, Komjen Tito Karnavian itu adalah figur polisi yang memiliki prestasi dan juga lulusan terbaik Akademi Kepolisian pada angkatannya.

"Menurut saya, Tito Karnavian pantas menjadi Kapolri. Tidak perlu diragukan," katanya pula.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Ade Komarudin mengatakan, pimpinan DPR RI pada Rabu ini telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo yang menunjuk calon Kapolri tunggal yakni Komjen Pol Tito Karnavian.

Tito Karnavian saat ini menduduki jabatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016