Jakarta (ANTARA News)  -  Gareth Bale mencetak gol cantik dari jarak sekitar 30 meter untuk membawa Wales unggul 1-0 atas Inggris pada babak pertama pertandingan Grup B Euro 2016 (Piala Eropa) di Stade Bollaert-Delelis, Lens, Prancis, Kamis.

Bale menciptakan gol spektakuler dari tendangan bebas jarak jauh yang meluncur keras melewati pagar pemain Inggris. Tangan Joe Hart sempat menyentuh bola hasil sepakan Bale, namun bola tetap masuk ke gawang Inggris.

Pada awal jalannya laga, Inggris menguasai jalannya pertandingan dengan umpan-umpan kombinasi, sementara Wales yang menumpuk banyak pemain di lini pertahanan terlihat menunggu kesempatan untuk serangan balik.

Inggris memiliki peluang matang saat Harry Kane memberikan bola kepada Lallana untuk meneruskannya kepada Sterling yang berdiri di mulut gawang Wales. Sayang sentuhan penyerang Manchester City itu tidak bebruah gol pada menit 7.

Wales beberapa kali melepaskan umpan panjang dari lini belakang kepada dua strikernya, Gareth Bale dan Robson-Kanu. Namun bek-bek Inggris masih sigap menjaga pergerakan dua pemain itu.

Inggris memiliki peluang emas saat Gary Cahill menanduk umpan Wayne Rooney dari tendangan bebas. Namun sundulan bek Chelsea itu masih bisa terbaca kiper Wayne Hennessey pada menit 25.

Pemain Inggris terlihat meminta hadiah penalti setelah bek Wales, Ben Davies, terlihat menyentuh bola di dalam kotak terlarang pada menit 32. Namun wasit Felix Brych asal Jerman tidak memberikan penalti.

Wales mendapatkan tendangan bebas menyusul pelanggaran Rooney terhadap Robson-Kanu. Gareth Bale yang menjadi eksekutor tendangan bebas itu langsung melancarkan tendangan keras dari jarak 30 meter yang tidak mampu ditahan Joe Hart pada menit 42.

Skor 1-0 untuk keunggulan Wales bertahan hingga akhir babak pertama.

Berikut susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Inggris (4-3-3):
Hart (G), Walker, Rose, Cahill, Smalling, Rooney (C), Dier, Alli, Sterling, Lallana, Kane.

Wales (5-3-2): Hennessey (G), Gunter, N. Taylor, Davies, Chester, A. Williams, Allen, Ramsey, Ledley, Robson-Kanu, Bale.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016