Jakarta (ANTARA News) - Juara bertahan, Spanyol, memastikan diri melaju ke babak gugur 16 Besar setelah mengalahkan Turki tiga gol tanpa balas dalam penyisihan Grup D Piala Eropa 2016 di Stadion Allianz Riviera, Nice, Prancis, Sabtu dini hari WIB.

Tambahan tiga poin memantapkan posisi tim asuhan Vicente del Bosque itu di puncak klasemen dengan meraih enam poin dan surplus empat gol tanpa pernah kemasukan.

Spanyol menjadi tim ketiga yang berhasil memastikan tempat di babak gugur setelah tuan rumah Prancis dari Grup A dan Italia dari Grup E.

Sebaliknya bagi Turki hasil itu memastikan pasukan asuhan Fatih Terim menyusul Albania dan Ukraina yang sudah lebih dulu memesan tiket pulang ke kampung halaman masing-masing begitu laga ketiga penyisihan grup rampung, karena mereka dipastikan tersingkir dari ajang sepak bola tertinggi antarnegara Eropa itu.

Satu tiket ke 16 Besar masih diperebutkan antara Kroasia dan Republik Ceko yang sebelumnya berbagi satu poin setelah pertemuan kedua tim berakhir imbang 2-2.

Hasil imbang itu terjadi dramatis karena Kroasia sebelumnya unggul dua gol, yang dicetak Ivan Perisic dan Ivan Rakitic, sebelum Ceko membalas lewat Milan Skoda dan eksekusi penalti Tomas Necid pada menit-menit tambahan.

Kroasia di atas kertas berpeluang lebih besar untuk lolos karena memiliki empat poin dan berada pada urutan kedua sehingga hanya membutuhkan hasil imbang melawan Spanyol untuk lolos ke babak berikutnya.

Namun demikian, Spanyol sendiri tentu berambisi menyapu bersih semua laga penyisihan grup dengan kemenangan.

Dan jika itu terjadi, maka apabila Ceko berhasil mengalahkan Turki dengan agregat gol yang bisa mengungguli Kroasia maka Peter Cech dkk bisa jadi justru menjadi wakil Grup D pada 16 Besar.

Laga penyisihan ketiga akan dilangsungkan pada Rabu dini hari WIB pekan depan. 

Berikut hasil, jadwal dan klasemen sementara Grup D Piala Eropa 2016 seturut laman resmi UEFA.

Minggu (12/6) 
Turki 0 - Kroasia 1 (Luka Modric 41') 

Senin (13/6)
Spanyol 1 - Republik Ceko 0 (Gerard Pique 87') 

Jumat (17/6)
Republik Ceko 2 - Kroasia 2 (Milan Skoda 76', Tomas Necid p-90+4'; Ivan Perisic 37', Ivan Rakitic 59') 

Sabtu (18/6)
Spanyol 3 - Turki 0 (Alvaro Morata 34', 48', Nolito 37') 

Rabu (22/6) WIB
Republik Ceko vs Turki
Kroasia vs Spanyol

Klasemen (urutan, tim, main, menang, imbang, kalah, memasukkan-kemasukan, poin)
1 Spanyol 2 2 0 0 4-0 6
2 Kroasia 2 1 1 0 3-2 4
3 Ceko 2 0 1 1 2-3 1
4 Turki 2 0 0 2 0-4 0

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016