Jakarta (ANTARA News) - Timnas Swiss lolos ke babak 16 besar Euro 2016 setelah menahan imbang tuan rumah Prancis pada laga terakhir Grup A di Stade Pierre Mauroy, Lille, Prancis, Senin dini hari WIB.

Swiss lolos ke babak selanjutnya sebagai runner up grup A dengan perolehan lima poin, sementara Prancis yang sudah dipastikan lolos menjadi juara grup dengan tujuh poin.

Statistik UEFA mencatat, Prancis untuk pertama kalinya pada Euro 2016 kalah dalam penguasaan bola. Paul Pogba dan kolega hanya memiliki 41 persen penguasaan bola berbanding 59 persen dari Swiss.

Namun Prancis memiliki serangan yang lebih membahayakan dengan melepaskan empat sepakan on target, sementara Rumania tanpa peluang on target sepanjang 90 menit pertandingan.  

Gelandang tengah Juventus Paul Pogba melepaskan tendangan keras jarak jauh pada menit 12 dan 14 yang menjadi peluang emas Prancis pada babak pertama.

Sepakan jarak jauh Pogba juga sempat membentur tiang gawang Sommer pada menit 18.

Pada babak kedua, Griezmann yang bermain umpan "satu-dua" dengan Gignac nyaris membuka keunggulan jika sepakan Gignac tidak ditepis Sommer pada menit 59.

Dimitri Payet yang masuk menggantikan Coman menciptakan peluang pada menit 74, sayang aksi pemain West Ham itu membentur tiang Sommer.

Menjelang laga berakhir Swiss melancarkan protes untuk pelanggaran Sagna terhadap Dzemaili di kotak penalti, namun wasit tidak memberikannya sehingga skor 0-0 bertahan hingga laga usai.

Berikut susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Prancis (4-2-3-1) :
Lloris, Patrice Evra, Adil Rami, Koscielny, Sagna, Sissoko, Cabaye, Pogba, Coman (Dimitri Payet), Griezmann, Gignac.
Pelatih: Didier Deschamps

Swiss (4-3-3) : Sommer; Lichtsteiner, Schär, Djourou, Rodríguez; Behrami, Xhaka, Džemaili; Shaqiri, Embolo (Seferovic), Mehmedi.
Pelatih: Vladimir Petkovic

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016