Niigata (ANTARA News) - Sekitar 30.000 orang dari penjuru Jepang memenuhi stadium baseball di Niigata, Sabtu, untuk acara voting tahunan yang akan menentukan siapa anggota AKB48 terpopuler.

Dalam acara ke-8 yang dikenal sebagai "Pemilu AKB48", Rino Sashihara (23) dari HKT48 yang berbasis di Fukuoka, mengumpulkan paling banyak voting penggemar selama dua tahun berturut-turut, diikuti oleh Mayu Watanabe (22) dari AKB48 di Tokyo dan Jurnina Matsui (19) dari SKE48 di Nagoya, Jepang tengah.

Mereka yang masuk ke daftar 16 teratas secara otomatis dipilih menjadi penyanyi dalam lagu yang akan dirilis pada Agustus. 

Pada acara tersebut, anggota veteran AKB48 Haruna Kojima (28), mengumumkan ia akan meninggalkan grup.

Total ada 272 anggota AKB48 dan sister unit regional, termasuk NGT48 yang berbasis di Niigata, yang berpartisipasi dalam voting popularitas.

"Pemilu" tahun ini adalah kali kedua yang diselenggarakan di luar area metropolitan Tokyo, menyusul tahun lalu yang digelar di Fukuoka.

Sebagian penggemar mengaku senang bahwa acara ini diadakan di kota lain karena mereka bisa juga menikmati pemandangan. 

Hotel-hotel di Niigata hampir semuanya telah dipesan oleh pengunjung yang datang ke kota di timur Jepang demi menghadiri acara grup idola tersebut. 

Pemerintah kota Niigata mengatakan acara tersebut diperkirakan meningkatkan ekonomi Prefektur Niigata hingga 1,5 miliar yen (14,4 juta dolar AS), seperti dilansir Kyodo. 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016